1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Ubah Kebiasaan Boros Anda

Ada beberapa macam kebiasaan sederhana yang dapat membantu kamu untuk memulai hidup hemat sehari-harinya.

By Dwifantya Aquina 29 Juni 2016 11:12
Menabung sangat penting untuk masa depan (blog.credit.com)

Money.id - Di zaman sekarang, tren hidup hemat sudah mulai digalakkan kembali di kalangan masyarakat. Apa gunanya hidup hemat? Salah satu tujuan hidup hemat tentunya adalah untuk mengumpulkan tabungan yang akan digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk pergi liburan, ziarah keagamaan, atau sekedar persiapan pensiun.

Memulai hidup hemat itu sebenarnya tidak sulit kok. Ada beberapa macam kebiasaan sederhana yang dapat membantu kamu untuk memulai hidup hemat sehari-harinya. Simak 5 macam kebiasaan tersebut:

1. Buat bekal sendiri
Ini merupakan satu kebiasaan makan yang mudah untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Kalau kamu tidak pandai memasak, kamu bisa join dengan teman yang jago masak dan berbagi biaya bahan makanannya. Jika tidak ada, cobalah untuk belajar keahlian sederhana seperti memasak telur dan nasi sendiri. Jumlah penghematannya sudah cukup lumayan.

2. Pergi nongkrong gratis
Nongkrong tidak harus dilakukan di mall. Untuk ganti suasana, kamu bisa nongkrong bersama pasangan atau teman-teman kamu di objek wisata atau taman kota yang gratis. Bawa makanan dan camilan sendiri untuk dimakan bersama, tapi jangan sampai kamu membuang sampah sembarangan atau mengotori tempat publik ya.

Baca juga: 5 Cara Bijak Melakukan Alokasi THR di Bulan Ramadhan

3. Berakhir pekan di rumah
Bukan berarti kamu tidak pergi ke luar sama sekali ya. Daripada tiap akhir minggu menghabiskan uang nonton di bioskop, coba selingi dengan menghabiskannya di rumah. Kamu bisa rencanakan acara nonton bersama. Selain lebih hemat, film yang ingin ditonton juga bebas kamu pilih bersama teman dan pasangan.

Baca juga: 4 Cara Pecinta Kuliner Hemat Hingga Jutaan Rupiah untuk Berbuka Puasa Bersama

4. Coba sewa kos atau apartemen bersama
Bagi kamu yang belum menikah dan kebetulan tempat tinggal kamu cukup jauh dari tempat bekerja, cobalah manfaatkan keadaan ini untuk mencari teman-teman seperjuangan untuk menyewa kos atau rumah kontrak bersama. Harga sewa per orang bisa menjadi jauh lebih murah dibandingkan kalau kamu menanggung semuanya sendiri, apalagi kalau fasilitas kos atau rumah yang ditawarkan juga menggiurkan.

Baca juga: 4 Penyebab Kamu Boros Dalam Belanja dan Cara Mengatasinya

5. Manfaatkan kartu kredit untuk berhemat
Selain tips-tips di atas, kamu juga bisa cerdik memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan hiburan atau membeli barang kelas atas dengan harga miring. Keunggulan utama kartu kredit adalah banyaknya promo yang ditawarkan oleh toko / merchant terkait penggunaan kartu kredit kamu, seperti diskon atau cashback.

Pastikan agar kamu hanya menggunakan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kamu saja agar tidak boros. Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id agar kamu lebih mudah melakukannya dan menemukan kartu kredit yang tepat.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section