1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

5 Hal yang Wajib Diperhatikan di Hari Pertama Kerja

Tidak berlebihan jika merasa gugup di hari pertama kerja. Ini tips menghadapinya.

By Adhi 4 November 2015 17:06
Ilustrasi (blogspot.com)

Money.id - Hari pertama kerja di kantor baru pastinya terasa begitu spesial. Tak jarang pula yang merasa stres ketika menghadapi situasi ini. Wajar saja, karena mendapatkan pekerjaan yang diimpikan memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih kita harus berhadapan dengan lingkungan baru yang sama sekali asing.

Rasanya tidaklah berlebihan jika Anda merasa gugup dan bersemangat menghadapi hari pertama bekerja. Berikut 5 tips untuk menghadapi hari pertama bekerja di kantor baru:

1. Jangan terlambat
Hari pertama akan menjadi tolak ukur awal diri Anda di tempat baru. Datang terlambat adalah merupakan hal negatif yang wajib dihindari. Usahakan sudah tiba di kantor baru 15 menit lebih awal sebelum jam bekerja dimulai.

2. Berdandan tidak berlebihan
Berdandanlah sewajarnya. Tidak perlu berlebihan, namun wajib hukumnya untuk terlihat rapih dan profesional. Cobalah untuk memahami di bidang apa Anda bekerja, dan berpakaianlah sesuai dengan bidang tersebut. Lakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui lingkungan kerja Anda merupakan langkah yang tepat.

3. Berusaha membaur
Biasanya Anda akan diajak berkeliling oleh tim HRD, mengenali ruangan, dijelaskan tentang divisi yang ada di perusahaan, dan juga perkenalan kepada rekan-rekan baru Anda. Berusahalah membaur dan jangan malu untuk bertanya. Akan tetapi, patut diingat pula jangan terlalu "sok kenal," karena hal ini akan membuat rekan baru Anda tidak merasa nyaman.

4. Perhatian penuh
Dengarkan semua hal yang diinstruksikan ke pada Anda dengan teliti. Jangan lengah, karena hal ini akan mempengaruhi penilaian atasan ataupun rekan kerja Anda.

5. Rileks
Usahakan berisitrihat cukup di malam sebelum hari pertama. Hal ini membantu Anda untuk rileks di hari pertama bekerja. Dan yang terpenting, jadilah diri Anda sendiri.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section