1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Cara Cerdas Manfaatkan Uang Receh Agar Makin Kaya

Uang receh kalau dimanfaatkan dengan baik justru membantu kita untuk memuluskan jalan menuju kekayaan.

By Dwifantya Aquina 11 Mei 2016 07:05
Ilustrasi menabung uang receh (2byou.org.uk)

Money.id - Uang receh sering kita terima sebagai kembalian saat berbelanja sesuatu di warung, toko, atau supermarket. Nah, kalau kamu menerima uang receh, apakah kamu membiarkannya tercecer atau justru menyimpannya baik-baik?

Uang receh sering disepelekan dan dianggap merepotkan oleh banyak orang karena nilainya yang kecil. Padahal, uang receh kalau dimanfaatkan dengan baik justru membantu kita untuk memuluskan jalan menuju kekayaan lho. Simak 5 cara cerdasnya:

1. Kelompokkan uang receh berdasarkan nominal uangnya
Saat mulai menerima banyak uang receh kembalian, luangkan waktu sedikit untuk memilah-milah receh tersebut. Hal ini mempermudah kamu untuk menghitung jumlah uang receh yang telah kamu kumpulkan. Selain itu, hal ini juga membantu kamu untuk melakukan empat cara bijak lainnya.

Baca juga: Inilah 4 Alasan Utama Kenapa Orang Malas Membuat Budget!

2. Manfaatkan untuk donasi
Ada banyak orang yang membutuhkan uang sekecil apapun di sekitar kita. Kamu bisa menggunakan koin-koin receh tersebut untuk membantu mereka yang membutuhkan uang tersebut. Bagi pemilik kendaraan, uang receh juga berguna untuk transaksi-transaksi kecil yang sering terjadi di jalan seperti tukang parkir atau tukang yang membantu kendaraan belok di U-turn.

Baca juga: Ingin Punya Rumah Sendiri? Ikuti Tips Persiapannya!

3. Gunakan sebagai saran belajar keuangan bagi anak-anak
Salah satu hal bijak yang bisa kamu lakukan dengan receh adalah menjadikannya media untuk mengajari anak-anak menabung. Kalau kamu punya anak, adik, atau keponakan yang masih kecil, ajari dia menabung dengan koin receh untuk disimpan di celengan. Prinsip menabung lebih baik diajarkan sejak dini kepada anak-anak karena pastinya akan membantu si anak di kemudian hari.

4. Tukarkan uang receh kepada para pengusaha kecil
Pengusaha kecil seperti pemilik warteg, koperasi, atau minimarket membutuhkan koin receh untuk kembalian. Kalau mereka sering ‘membulatkan’ harga dan tidak memberikan kembalian kepada pelanggan, bisa-bisa mereka akan ditinggalkan karena dianggap ‘pelit’ oleh para pelanggan.

Baca juga: Asuransi Perlindungan Kredit: Ambil atau Tidak?

5. Kumpulkan untuk menabung bagi masa depan
Pernah dengan peribahasa “sedikit-sedikit lama lama jadi bukit”? Nah, peribahasa tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk uang receh. Sekarang coba bayangkan kasus berikut ini.

Misalkan kamu menerima koin receh kembalian setiap hari sebesar Rp 500. Dalam 1 bulan atau 30 hari, kamu akan mengumpulkan Rp 15 ribu. Berapa jumlahnya dalam 1 tahun? Ya, jumlahnya akan menggunung menjadi Rp 180 ribu. Jumlah yang lumayan, bukan?

Meskipun jelas tidak sebesar tambahan dari menabung dengan cara menyisihkan gaji, uang receh tetap berguna untuk mempercepat pengisian tabungan kamu. Kalau kamu sedang menabung untuk membeli mobil impian atau memulai usaha, mengumpulkan receh merupakan salah satu cara cerdas untuk mempercepat pengumpulan tabungan tersebut selain dengan berhemat dari pengeluaran sehari-hari.

Alternatif lain, kamu bisa coba memanfaatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan (KTA). Jika kamu tertarik, kamu bisa coba memanfaatkan situs pembanding produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id agar lebih bijak dalam memilih produk yang tepat untukmu.

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section