1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Alasan Kenapa Anda Harus Ambil KPR dari Sekarang

Dengan KPR mimpi untuk memiliki rumah sendiri dapat terwujud.

By Dwifantya Aquina 19 April 2016 10:01
Ilustrasi KPR (bigskyin.com)

Money.id - Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan solusi yang ditawarkan bank dan pengembang bagi warga Indonesia yang ingin memiliki rumah. Maklum, harga rumah memang tidak murah.

Nilainya bisa mencapai puluhan juta. Bahkan di kota besar harga rumah miliaran rupiah bukan hal yang aneh. Maka, dengan KPR mimpi untuk memiliki rumah sendiri dapat terwujud. Nah, berikut ini 5 alasan kenapa Anda mesti ambil KPR dari sekarang seperti dikutip CekAja.com.

Karena harga rumah makin mahal
Harga rumah makin tinggi dari waktu ke waktu. Permintaan yang tinggi dan tidak sebanding dengan ketersediannya membuat harga rumah terus melonjak. Maka dari itu, semakin cepat Anda membeli rumah, semakin cepat juga Anda menghindari kerugian akibat kenaikan harga rumah.

Tabunglah uang setidaknya hingga mencapai 20%-30% uang muka rumah dan biaya administrasi. Anda pun sudah bisa memiliki rumah idaman.

(Baca juga: Jika Punya 5 Ciri Ini, Artinya Anda Sangat Butuh Kartu Kredit)

Sulit beli rumah secara tunai
Jika membeli rumah harus secara tunai, mungkin seorang karyawan kantoran biasa tidak akan pernah memiliki rumah. Untuk itu, KPR jadi solusi yang paling masuk akal. Bayangkan, apabila harga rumah senilai Rp300 juta, artinya Anda hanya perlu mengumpulkan uang muka Rp60 hingga Rp90 juta saja.

Sedangkan, kalau mau beli secara tunai, butuh waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkannya. Selain itu, dalam beberapa tahun ke depan harga rumah yang tadinya Rp300 juta tersebut akan jauh meningkat, bahkan bisa berkali-kali lipat.

Properti masih jadi investasi yang menjanjikan
Berhubung harga rumah selalu meningkat dari tahun ke tahun, maka bisa dibilang rumah atau properti masih menjadi investasi yang menjanjikan. Belum punya uang banyak? Ajukan KPR saja dan jadikan rumah yang Anda beli sebagai investasi. Dalam beberapa tahun ke depan harganya bisa melonjak tinggi lho.

Tidak mau numpang terus di rumah mertua?
Kalau saat ini Anda dan pasangan tinggal di rumah orang tua atau mertua, cobalah untuk belajar lebih mandiri dengan keluar dari rumah tersebut dan tinggal di rumah sendiri. Dananya belum cukup? ajukan saja KPR, selama uang yang Anda punya cukup untuk uang muka, maka beranikan diri untuk melakukan hal tersebut.

(Baca juga: 7 Risiko yang Menghantui Pemilik Kendaraan Pribadi)

Ingin pandai mengatur keuangan
Dengan mengambil KPR, Anda akan dituntut disiplin mengatur uang. Pasalnya, cicilan KPR tidak murah dan harus dibayar jika tidak ingin terkena penalti. Oleh karenannya, lambat laun Anda akan semakin lihai dalam mengatur duit.

 

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section