1. HOME
  2. FINANCE
STARTUP

5 Alasan Bisnis "Startup" Bakal Sukses di Indonesia

Startup didukung oleh pemerintah, dan Indonesia memiliki populasi pengguna internet yang sangat besar.

By Adhi 27 November 2015 17:22
Ilustrasi (markeeters.com)

Money.id - Apakah Anda tahu bahwa lebih dari setengah kelas menengah dunia akan berada di Asia pada tahun 2020? 

Pertumbuhan kelas menengah yang begitu pesat semakin menyemarakkan dunia bisnis dan investasi.

Akibatnya, sejumlah besar startup sekarang berfokus pada ekspansi ke pasar Asia, di mana pertumbuhan penduduk memperlihatkan potensi pasar yang cukup besar.

Oleh karena itu, bisnis startup dinilai sangat cocok bagi Indonesia. Berikut adalah 5 alasan kenapa bisnis startup bisa "mengkilau" di Indonesia menurut situs jual beli Lamudi:

Dukungan pemerintah

Banyak pemerintah di pasar negara berkembang, termasuk Indonesia, sedang meletakkan dasar-dasar untuk terciptanya lingkungan bisnis startup.

Menurut sebuah artikel TechInAsia, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Rudiantara telah menyisihkan US$1 miliar, untuk mendukung startup TI di daerah.

Dengan perkiraan 50 juta pengusaha di Indonesia, ini dapat menjadi kesinambungan untuk mengubah bangsa menjadi raksasa teknologi di Asia Tenggara.

Dividen populasi

Apakah Anda menyadari bahwa tiga dari delapan orang di dunia berasal dari India atau Tiongkok? Indonesia adalah negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, dengan populasi lebih dari 256 juta orang.

Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia. Populasinya pun sebagian besar berusia muda, dan keadaan ini memberikan kesempatan perkembangan dengan konsumen seiring siklus hidup produk. 

Sebuah populasi yang besar setara dengan lebih banyak konsumsi. Di negara berkembang, populasi besar telah memicu konsumsi yang mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi dengan level ekonomi yang bahkan tidak dapat dicapai di Eropa atau negara maju.

Biaya lebih rendah

Biaya operasi di negara berkembang jauh lebih kompetitif. Harga untuk sewa kantor jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan kota-kota seperti San Francisco atau London. Selain itu, biaya tenaga kerja juga jauh lebih rendah. 

Menjadi Pemimpin

Di pasar negara berkembang, bisnis startup Anda memiliki kesempatan menjadi yang pertama di jenisnya. Dengan kompetisi yang lebih sedikit, Anda dapat mencapai keuntungan dengan cepat atau menjadi pemain utama hanya dalam waktu singkat.

Dengan teknologi canggih, sangat mungkin untuk menjalani persaingan dengan mudah; pada saat startup lain masih berusaha mengejar ketertinggalan, startup Anda sudah menjadi pemimpin di jenisnya.

Bergeser ke ponsel

Startup yang berfokus pada pasar negara berkembang dapat meraup keuntungan dari peningkatan pesat dalam penetrasi internet dengan pergeseran dari desktop ke ponsel dan aplikasi.

Sebagai startup, jika Anda memiliki aplikasi yang mudah digunakan, Anda akan bertahan. (poy)

Suka Artikel Ini? Klik Like 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section