1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Tips Mengatur Keuangan untuk Wanita Single

Terkadang, menjadi wanita single memang jauh lebih sulit dari yang dibayangkan. Karena semua kebutuhan dikeluarkan sendiri.

By Dwifantya Aquina 15 September 2016 10:05
Para wanita single hobi sekali belanja, bagaimana cara mengeremnya?

Money.id - Di era modern seperti sekarang ini, menjadi wanita mandiri dengan karier cemerlang merupakan hal yang awam. Bukannya tak memikirkan keinginan untuk membangun rumah tangga, namun para 'wanita super' ini tengah menikmati kesuksesan hidup mereka.

Melihat wanita dengan karier yang sangat baik saat ini memang sudah tidak lagi menjadi hal yang asing. Para wanita single ini menggunakan waktu sebaik mungkin untuk membangun karier mereka. Namun, terkadang, menjadi wanita single memang jauh lebih sulit dari yang dibayangkan. Karena hidup masih dengan kesendiriannya, kebutuhan yang dikeluarkan pun memang tidak terlalu banyak.

Namun keinginan untuk menyenangkan diri sendiri terkadang menjadi masalah dalam mengontrol keuangan mereka. Terlebih lagi wanita sangat lemah dengan hal yang berkaitan dengan diskon atau promo.

Belanja memang sudah menjadi salah satu ciri khas wanita di mana pun mereka berada. Berikut empat tips mengatur keuangan untuk kalian para wanita single seperti dikutip cermati.com.

1. Tahan diri dalam berbelanja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa wanita sangatlah lemah dengan hal yang berkaitan dengan belanja, diskon dan juga promo.

Keinginan para wanita untuk berbelanja memang sangat sulit untuk dibendung. Terlebih lagi untuk wanita yang masih berstatus single, mereka tidak memiliki beban yang cukup erat dalam membiayai keluarga, sehingga terkadang mereka lebih memilih menghabiskan uang mereka untuk berbelanja.

2. Mengatur keuangan bulanan

Wanita memang dikenal sebagai makhluk yang rapi dan jauh lebih terorganisir dibandingkan pria. Oleh karena itu, cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan sebagai wanita single adalah dengan mengatur keuangan pribadi Anda dengan jangka waktu berkala.

Cobalah untuk membuat anggaran bulanan dan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya.

Di akhir bulan nanti, Anda bisa meneliti sendiri mengapa uang Anda cepat habis dan coba untuk menghilangkan pembelian yang tidak begitu penting agar di bulan-bulan berikutnya, keuangan Anda bisa lebih terkontrol.

3. Investasi

Di kala Anda masih single, namun sudah memiliki penghasilan bulanan, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk berinvestasi. Cobalah untuk menginvestasikan uang Anda ke beberapa produk ataupun ke barang yang nantinya bisa Anda jual lagi.

Selain itu, Anda pun bisa menginvestasikan uang Anda ke sebuah usaha atau bisnis. Putarkan uang yang Anda punya sehingga uang anda akan tetap utuh, atau bahkan bisa jadi jauh lebih banyak di kemudian hari, ketika Anda benar-benar membutuhkan uang tersebut.

4. Tabung dan siapkan uang darurat

Menabung adalah salah satu cara paling manjur untuk mengatasi permasalahan keuangan, namun menabung pun terkadang menjadi salah satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan, terlebih lagi untuk wanita.

Coba Anda pikirkan, apabila Anda tidak memiliki tabungan, namun sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana yang cukup besar untuk sesuatu hal yang sangat penting dan genting.

Tentu saja ini akan menjadi sebuah masalah baru dalam hidup Anda. Dengan bermodalkan pemikiran seperti itu, semoga bisa jadi pendorong Anda untuk mulai menabung sedini mungkin.

Siapkan uang tabungan yang cukup untuk menyambut masa depan dan juga menangani masalah-masalah keuangan yang bersifat darurat. Terlebih lagi untuk para wanita single, tabungan Anda akan sangat berguna ketika Anda ingin berumah tangga nantinya.

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section