1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

4 Tips Agar Gaji Tidak Habis pada Akhir Bulan

Menjaga gaji tidak habis hingga akhir bulan dilakukan agar Anda tidak terjerat dengan masalah keuangan.

By Abdul Kharis 26 Mei 2016 10:06
Ilustrasi karyawan yang kehabisan gaji (finance.yahoo.com)

Money.id - Banyak pegawai kantoran yang sudah mengalami kesulitan keuangan pada akhir bulan. Hal ini disebabkan oleh gaji bulanan sudah habis akan tetapi masih memiliki banyak pengeluaran keuangan.

Hal ini dapat dihindari, jika Anda membuat rencana pengeluaran bulan. Menjaga gaji tidak habis hingga akhir bulan dilakukan agar Anda tidak terjerat dengan masalah keuangan.

Mengutip dari mensxp.com, Kamis, 26 Mei 2016, berikut adalah empat tips agar Anda tidak kehabisan gaji pada akhir bulan.

1. Membuat rencana keuangan bulanan

Jika Anda tidak mau kehabisan uang sebelum akhir bulan, disarankan untuk membuat rencana keuangan bulanan. Hal ini akan mencegah pengeluaran tidak produktif dan menjaga uang Anda sampai akhir bulan.

2. Melunasi semua utang

Apabila Anda memiliki utang maupun cicilan, lunasilah terlebih dahulu setelah menerima gaji. Hal ini dapat membantu perhitungan anggaran untuk jangka panjang dan mencegah terjadi gangguan di rencana keuangan bulanan Anda.

3. Nikmati sebagian gaji Anda untuk diri sendiri

Ketika Anda mendapatkan gaji bulanan, gunakanlah sebagian untuk hal yang diinginkan. Tapi ingat, saat menggunakan gaji Anda harus mengetahui batasan.

4. Alihkan dana untuk investasi

Nah, ketika Anda baru menerima gaji, segeralah alihkan sebagian untuk berinvestasi. Anda dapat mengikuti reksadana atau investasi kesehatan dengan mengikuti asuransi.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan berpikir ulang ketika akan melakukan pengeluaran. Investasi yang Anda lakukan akan menjadi alat bantu keuangan untuk ke depannya.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section