1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

4 Tipe Kepribadian Ini Bisa Ditebak dari Cara Mereka Habiskan Uang

Setidaknya ada empat tipe orang dalam pengaturan keuangan yakni spender, saver, avoider, dan monk. Kamu yang mana?

By Dwifantya Aquina 11 Januari 2017 08:45
Ilustrasi uang (Pixabay)

Money.id - Kepribadian seseorang ternyata bisa dilihat dari cara mereka dalam memperlakukan uang. Tak bisa dipungkiri, setiap orang punya cara berbeda dalam memperlakukan uang. Ada banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut mulai dari kebiasaan di tengah keluarga, budaya hingga agama.

Setidaknya ada empat tipe orang dalam pengaturan keuangan yakni spender, saver, avoider, dan monk. Dalam buku Your Money Your Attitude, Perencana Keuangan, Dwita Ariani menjelaskan tentang empat tipe kepribadian tersebut. Dia mendapatkannya dari seminar Millionaire Mind Intensive di Singapura.

Mau tahu lebih jauh tentang empat kepribadian itu? Berikut ulasan yang dikutip dari CekAja.com.

Spender

Tipe spender mudah sekali dijumpai di kota-kota besar seperti Jakarta. Ciri-cirinya adalah punya gaji sepuluh koma alias setiap tanggal sepuluh sudah koma alias sekarat. Ya, tipe spender ini adalah mereka yang gemar sekali berbelanja meskipun kebutuhannya tidak terlalu mendesak. Mereka seperti memegang prinsip bahwa hidup hanya satu kali.

Saver

Seorang saver memiliki pemikiran bahwa hidup tidak hanya untuk hari ini. Karena uang adalah sesuatu yang tak mudah didapatkan, mereka sadar harus pandai menyimpannya. Saver adalah sosok yang penuh perhitungan. Saver senang membuat rencana pengeluaran dan berupaya untuk patuh.

Avoider

Avoider adalah tipe orang yang cenderung tak peduli dengan uang. Tipe ini berupaya menghindari urusan uang, misalnya dia menyerahkan pengelolaan uang kepada pasangannya. Ketika berbelanja, avoider akan menyesuaikan keadaan. Dia akan membeli seperlunya dan tidak terlalu ngotot untuk memiliki suatu barang.

Monk

Tipe monk berpandangan uang adalah sesuatu yang bersifat duniawi. Bahkan, tipe ini kerap menganggap uang sebagai sumber kejahatan. Mereka bekerja bukan untuk uang.

Nah, sudah mengetahui semuanya kan. Kamu sendiri termasuk tipe yang mana?

Baca Juga

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section