1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Sumber Modal Ini Cocok untuk Pebisnis Pemula

Bagi pebisnis pemula, sumber modal adalah hal yang penting untuk merintis usaha.

By Dwifantya Aquina 7 September 2016 16:32
Ilustrasi pebisnis pemula

Money.id - Bagi pebisnis, modal finansial bukanlah syarat utama kesuksesan. Ide bisnis yang segar dan tim yang kompeten jauh lebih penting. Meski demikian kesiapan modal bisa memudahkan seseorang mengeksekusi sebuah rencana bisnis.

Nah, untuk yang tergolong pebisnis pemula mungkin Anda sedang sibuk mencari pendanaan bisnis. Untuk itu, penting untuk mengetahui empat sumber modal yang bisa diakses pebisnis pemula seperti dikutip CekAja.com berikut ini:

Kredit Tanpa Agunan

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman cepat tanpa harus mengagunkan sesuatu, Kredit Tanpa Agunan (KTA) bisa jadi alternatif pilihan sumber modal. Pinjaman satu ini cocok untuk skala bisnis rintisan karena plafon alias batas pinjaman yang besarnya bisa mencapai Rp200 juta.

Lumayan bukan sebagai modal awal berbisnis? Namun, ada syarat utama yang harus dimiliki sebelum Anda mengajukan KTA yakni kepemilikan atas kartu kredit. (Baca juga: Enam Miliarder Indonesia yang Ternyata Berasal dari keluarga Miskin)

Kartu Kredit

Bila Anda belum memiliki kartu kredit, saat ini adalah waktu yang tepat untuk membuatnya. Bila perlu ajukan permohonan untuk membuat kartu kredit khusus pebisnis.

Keuntungannya, Anda bisa mendapatkan limit pinjaman yang lebih besar. Setelah Anda menggunakan kartu kredit barulah Anda dapat mengakses KTA untuk melipatgandakan modal yang bisa diperoleh.

Investor

Bila Anda cukup yakin dengn prospek bisnis yang akan dibangun, kenapa tidak mengajukan pinjaman pada investor. Ada banyak individu maupun kelompok individu yang menamakan diri mereka angel investor.

Biasanya, pinjaman yang diberikan angel investor akan jauh lebih ringan dari sisi bunga dan jangka waktu pengembalian. Sebab, mereka memberikan pinjaman sebagai bentuk penyertaan modal. Bila bisnis Anda berhasil, barulah mereka mendapatkan bagi hasil keuntungan. (Baca juga: Ini Buktinya Kalau Orang Sukses Memulai Bisnis Sejak Usia 20-an)

Kredit dengan agunan

Bila Anda memiliki Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Anda bisa memanfaatkannya untuk memperoleh dana segar. Caranya melalui refinancing atau pengajuan utang baru menggunakan rumah yang Anda beli secara KPR. Anda bisa mengajukan refinancing pada bank tempat KPR diajukan atau pada bank lain.

Alternatif lain adalah mengagunkan kendaraan bermotor untuk memperoleh pinjaman usaha. Bila Anda memiliki mobil, cukup jaminkan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan sejumlah syarat lainnya, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman dana cepat.

 

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section