1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Alasan Wanita Single Lebih Cepat Sukses dalam Berbisnis

Hasil penelitian menyatakan bahwa kebanyakan entrepreneur wanita sukses memulai usahanya sejak masih lajang.

By Dwifantya Aquina 15 November 2016 12:01
Wanita lajang mudah membesarkan bisnis (Pixabay)

Money.id - Anda wanita single dan berencana berbisnis dalam waktu dekat? Keputusan yang Anda buat sudah tepat. Alasannya, sebuah penelitian berhasil menemukan kesimpulan setelah melakukan penelitian terhadap para perempuan single yang berbisnis. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa kebanyakan entrepreneur wanita sukses memulai usahanya sejak masih lajang.

Agar Anda lebih termotivasi untuk terjun ke dunia usaha, berikut ini empat alasan yang menjelaskan mengapa wanita single punya peluang lebih besar untuk sukses dibandingkan wanita yang sudah memiliki pasangan, seperti dikutip dari CekAja.com.

Waktu lebih fleksibel

Bagi pebisnis waktu adalah hal yang berharga. Agar sukses, orang yang baru memulai bisnis harus mencurahkan seluruh waktunya untuk membesarkan usahanya. Dalam hal ini, wanita single lebih unggul dibandingkan wanita yang sudah memiliki pasangan atau sudah memiliki anak.

Sebab, mereka yang sudah berkeluarga memiliki tanggungjawab terhadap keluarganya. Oleh karenannya, waktu wanita yang sudah berkeluarga pun pasti tersita untuk mengurus keluarga. (Baca juga: Berbahaya, Kenali 4 Gejala Diabetes Ini Sejak Dini)

Motivasi lebih besar

Dalam hal motivasi, wanita single biasanya bercita-cita sukses untuk dapat meningkatkan kemampuan finansialnya. Mereka berbisnis untuk menghasilkan uang sebanyak-banyaknya. Beda halnya dengan wanita yang sudah menikah dan memiliki anak. Kebanyakan dari mereka hanya menhjadikan bisnis sebagai sumber penghasilan sampingan atau penghasilan kedua. Alasannya karena beban mencari uang dan tulang punggung keluarga ada pada sang suami. Hal ini menyebabkan motivasi wanita berkeluarga yang berbisnis biasanya hanya sekadar membantu suami.

Diuntungkan secara budaya

Dalam masyarakat timur seperti di Indonesia, wanita yang memiliki suami punya kewajiban untuk mengurus keluarga. Oleh karenannya tidak heran bila wanita biasanya berhenti bekerja setelah menikah. Alasannya agar bisa lebih fokus mengurus anak dan suami. Bila mereka lebih mengutamakan bisnis dibandingkan mengurus keluarga, biasanya masyarakat atau keluarga memberi kesan yang negatif. Sementara, bagi seorang wanita single, beban budaya tersebut tidak seberat wanita berkeluarga. Para wanita single ini pun cenderung lebih kebal terhadap omongan bernada negatif dari orang-orang di sekitarnya.

Kepercayaan diri

Berdasarkan skor pada tes kepribadian di Rosenberg test, wanita single dengan kepercayaan diri tinggi ini lebih puas jika bekerja sendiri. Mereka cenderung ingin menjadi bos dan mempekerjalkan orang lain. Sementara itu menurut penelitian yang dilakukan oleh Carlianne Patrick, kepercayaan diri bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi wanita single atau yang sudah menikah memilih menjadi entrepreneur. (Baca juga: Ini Risiko Finansial Kalau Kamu Menderita Diabetes)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section