1. HOME
    2. FINANCE
NEWS

344 Pengusaha Daftar Tax Amnesty, Dana Rp3,7 Triliun Masuk ke Kas

Presiden menegaskan, pengampunan pajak ini adalah yang terakhir. Karena nanti setelah keterbukaan sudah tidak ada lagi yang namanya tax amnesty.

By Arry Anggadha 2 Agustus 2016 14:55
Presiden Jokowi sosialisasikan tax amnesty di hadapan pengusaha (setkab.go.id)

Money.id - Program pengampunan pajak atau tax amnesty sudah mulai terlihat dampaknya. Saat ini sebanyak 344 pengusaha sudah mendaftarkan diri dan sebanyak Rp3,7 triliun dipastikan masuk kas negara.

Presiden Joko Widodo yakin, pada minggu ke-3 dan 4 Agustus, dana pengampunan pajak akan lebih banyak lagi yang masuk ke kas negara.

"Saat ini masih kecil, kecil banget. Data saya gede banget, ketika saya diberi angka 3,7 kecil," kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab.go.id.

Menurut Presiden, dia sudah bertanya kepada para pengusaha mulai dari yang besar, menengah, dan kecil agar mendaftarkan diri ikut pengampunan pajak. "Pak masih hitung-hitung," kata Presiden mengutip jawaban sejumlah pengusaha.

Yang besar, kata Presiden, sudah ia tanyakan karena sampai sekarang belum ada yang masuk. "Pak, perusahaan saya ini 200 perusahaan lebih Pak, kan hitung-hitung perlu waktu," ucap Presiden Jokowi mengutip jawaban para pengusaha. Presiden menganggap masuk akal permintaan tersebut. "Mundur-mundur boleh, seminggu, dua minggu, tiga minggu," terang Presiden.

Yang menengah, lanjut Presiden, juga mengaku sedang menghitung-hitung dan sekarang ini sedang cari konsultan pajak. ”Ya, oke mundur enggak apa-apa. Tetapi sekali lagi, waktunya menurut saya nanti, ini petugas pajak juga harus siap," tutur Presiden.

Presiden menegaskan, pengampunan pajak ini adalah yang terakhir. Karena nanti setelah keterbukaan sudah tidak ada lagi yang namanya tax amnesty.

Diakui oleh Presiden Jokowi, pada 1964 pemerintah pernah memberikan tax amnesty tapi gagal karena ada G30SPKI. Tahun 1984 juga tidak berhasil karena saat itu uang juga banyak, komoditi dari kayu terutama, serta dari minyak juga masih. Tetapi sekarang, Presiden ingin mengajak semuanya agar tax amnesty, amnesti pajak ini berhasil.

Selanjutnya>>>

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section