1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

3 Tips Persiapan Dana Sebelum Memasuki Masa Pensiun

Sebagian orang berpikir bahwa uang yang dimiliki lebih baik dihabiskan untuk menikmati masa muda, sayangnya...

By Dwifantya Aquina 16 Maret 2016 17:37
Ilustrasi pohon uang untuk dana pensiun (Pixabay)

Money.id - Pensiun? Mungkin bagi sebagian orang terutama yang berusia di bawah 40 tahun, masa pensiun merupakan masa yang masih sangat jauh dan tidak perlu dikhawatirkan sama sekali.

Sebagian orang berpikir bahwa uang yang dimiliki lebih baik dihabiskan untuk menikmati masa muda, karena mereka percaya saat mendekati masa pensiun nanti pastilah sudah punya penghasilan tinggi atau akan diurus anak.

Sayangnya, kenyataan tidaklah seindah yang ada di sinetron. Banyak orang yang justru harus terus bekerja meski sudah memasuki masa pensiun karena tidak punya simpanan apapun. Bahkan, anak cucu mereka memiliki tanggungan masing-masing sehingga mereka juga cukup kesulitan membiayai hidup orang tua.

Apapun yang terjadi di masa depan nanti, tentu akan lebih bijak jika kita sudah mempersiapkan tabungan dana pensiun sejak dini. Coba simak 3 tips persiapan membentuk dana pensiun berikut seperti dikutip Halo Money.

1. Mulai mencari penghasilan tambahan

Salah satu cara yang cukup bijaksana untuk mendapatkan tambahan uang untuk membentuk dana pensiun adalah dengan memulai pekerjaan atau bisnis sampingan.

Anda bisa mulai dengan sesuatu yang sederhana sebagai bisnis kecil, seperti menjual buku bekas atau barang lain yang tidak kamu gunakan lagi. Saat ini, di Indonesia sudah cukup banyak situs jual-beli online yang mempermudah kamu sebagai penjual untuk memulai bisnis sampingan.

Kalau kamu punya hobi seperti memasak atau kerajinan tangan, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah pemasukan dengan menjual hasil masakan atau kerajinan tangan kamu kepada teman-teman kamu sendiri. Bila Anda tidak punya waktu untuk melakukan ini secara rutin, Anda cukup memanfaatkan momen-momen tertentu seperti Lebaran atau Natal untuk menjualnya.

Baca juga: Wujudkan Memiliki Restoran Sendiri dengan Modal Minim Sekarang Juga!

2. Miliki tabungan dana darurat

Kita tidak pernah tahu akan mengalami hal tak terduga apa di masa depan, bahkan sebelum pensiun suatu hari nanti. Dana ini akan sangat berguna untuk menunjang hidup kamu jika terjadi keadaan darurat seperti bisnis Anda bermasalah besar atau kehilangan pekerjaan. Jumlah dana darurat minimal adalah 6 kali biaya hidup, namun akan lebih baik jika Anda mempersiapkannya lebih tinggi.

Mulailah menyisihkan sedikit lebih banyak penghasilan Anda setiap bulan. Sebagai contoh, jika penghasilan Anda saat ini Rp10 juta per bulan, maka Anda dapat menyisihkan 10% atau sekitar Rp1 juta per bulan untuk mulai membentuk dana cadangan.

Apabila biaya hidup Anda mencapai Rp5 juta per bulan, maka dalam 30 bulan atau 2,5 tahun saja kamu sudah siap dengan dana cadangan tersebut. Jika sampai masa pensiun kamu tidak menggunakan dana ini, maka kamu bisa menggunakan dana ini untuk kebutuhan masa pensiun kamu.

Baca juga: Pelajari 5 Jebakan Kartu Kredit Sebelum Kondisi Kamu Darurat Utang!

3. Terapkan prinsip hidup hemat

Sebelumnya, jangan berpikir dulu kalau hidup hemat identik dengan pelit dan hidup susah. Ada banyak tips untuk berhemat tanpa perlu mengorbankan gaya hidup Anda. Contoh sederhananya, kamu bisa berhemat biaya listrik dan air dengan selalu mematikan lampu dan memastikan air tidak ada yang mengalir sebelum pergi.

Sering-seringlah memanfaatkan promo yang diberikan oleh toko atau supermarket tempat Anda biasa berbelanja. Sebagai contoh, Anda mungkin menemukan promo “buy 1 get 1” dan Anda bisa ajak teman kamu yang sama-sama membutuhkan untuk membeli barang tersebut. Ingat, hanya beli barang yang Anda butuhkan.

Cara lainnya, gunakan kartu kredit. Banyak yang mengira kartu kredit membuat boros. Sebenarnya, yang terjadi adalah sebaliknya. Kamu bisa memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan penghematan besar dengan memanfaatkan berbagai fiturnya, seperti cashback atau diskon khusus.

Baca juga: Simak Cara Jitu Berhemat Rp 10 Jutaan dengan Kartu Kredit yang Tepat!

Mulailah membentuk tabungan dana pensiun sejak dini. Jika kamu sedang mencari produk kartu kredit yang tepat untuk melakukan penghematan, maka kamu bisa gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mencarinya dengan mudah.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section