1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

3 Pelajaran Terburuk dari Orang Tua tentang Uang

Orang tua juga dapat mengajarkan hal-hal yang salah tentang uang kepada anaknya.

By Abdul Kharis 28 Maret 2016 17:01
Ilustrasi orang tua yang mengajarkan anaknya tentang uang (funshineblog.com)

Money.id - Publik sering salah dalam memperlakukan uang, padahal sudah belajar hal itu dari orang tua. Sayangnya, orang tua juga dapat mengajarkan hal-hal yang salah tentang uang kepada buah hati.

Mengutip dari cheatsheet.com, Senin, 28 Maret 2016, mari kita lihat tiga pelajaran tentang uang terburuk dari orang tua.

1. Mengabaikan rekening bank online

Orang tua menjauh dari layanan bank online, padahal itu bisa menjadi tempat terbaik untuk deposit uang. Sekitar 53 persen dari rekening perbankan online memiliki nol biaya. Bank online juga lebih praktis, karena bisa diakses melalui gadget.

2. Merencanakan keuangan anaknya terlalu jauh

Para orang tua membuat rencana keuangan untuk anaknya seperti ini, menyuruh pergi ke perguruan tinggi yang mahal dan keren sehingga dapat menemukan pekerjaan yang baik, memanjakan dengan memberikan sebuah mobil mahal.

Dengan melakukan ini, orang tua berharap anaknya akan menemukan pasangan, membeli rumah, punya anak, sukses saat berkarier, dan menikmati pensiun.

Namun, hal tersebut membutuhkan biaya dan tidak mudah untuk dilakukan. Apa yang terjadi kepada orang tua belum tentu dialami oleh anaknya.

Artinya individu lebih bertanggung jawab untuk diri sendiri dibandingkan sebelumnya, dan sebaiknya jangan merencanakan keuangan anak terlalu jauh.

3. Tidak berbicara tentang uang dalam suatu hubungan

Seberapa sering orang tua Anda berbicara satu sama lain tentang uang? Seberapa sering mereka berbicara dengan anaknya tentang uang? Mungkin tidak pernah atau hampir tidak ada.

Untuk beberapa alasan orang tua tidak pernah membicarakan uang dalam suatu hubungan, uang dianggap sebagai topik yang tabu dan sifat rahasia yang memiliki potensi untuk menghancurkan hubungan. Namun, kenyataanya Anda selalu menggunakan uang dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaiknya Anda membicarakan keuangan dalam suatu hubungan. Misalnya, saat kita berpacaran atau akan menikah, lebih baik membicarakan keuangan Anda saat menjalin hubungan. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section