1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

3 Langkah 'Dewa' untuk Memulai Bisnis dengan Modal Terbatas

Cara murah untuk memulai bisnis seperti..

By Abdul Kharis 19 April 2016 09:05
Ilustrasi orang yang bingung saat akan memulai bisnis (finance.yahoo.com)

Money.id - Anda memerlukan modal yang cukup banyak ketika memulai bisnis, banyak yang harus disiapkan sebelum memulainya. Salah satunya menyiapkan lokasi bisnis, alangkah murahnya bisnis itu diawali di rumah, tanpa harus menyewa tempat.

Mengutip dari allbusiness.com, Senin, 18 April 2016, berikut adalah tiga langkah untuk murah memulai bisnis.

1. Menjalankan bisnis Anda dari rumah

Cobalah memulai bisnis tanpa harus menyewa tempat, Anda dapat mengatur ulang rumah untuk dijadikan kantor.

Hal ini akan membuat efiensi uang yang akan dikeluarkan. Selain itu, akan lebih nyaman mengoperasikan bisnis dari dalam 'istana sendiri'.

2. Jangan terlalu cepat untuk menyewa

Banyak peralatan yang sangat diperlukan saat memulai bisnis Anda, seperti alat transportasi. Jangan dulu menyewa alat transportasi terlebih dulu.

Anda dapat mengatur siasat dan tak harus menyewanya, bisa dengan cara merekrut karyawan yang sudah memiliki alat transportasi. Hal ini membuat Anda tidak perlu menyewa alat transportasi, karena bisa menugaskan kepada karyawan yang sudah memiliki alat transportasi.

3. Memangkas biaya karyawan

Biaya karyawan adalah salah satu biaya terbesar saat berbisnis. Jika memungkinkan, cobalah untuk menunda mempekerjakan pekerja penuh waktu sampai Anda benar-benar membutuhkannya.

Anda dapat mempekerjakan pekerja paruh waktu dari outsourcing atau menyewa asisten virtual untuk membantu tugas sehari-hari dalam bisnis.

Nah, itulah tiga langkah agar murah memulai bisnis dan akan memangkas banyak modal. Jangan takut memulai bisnis walau tak punya modal, Anda dapat menyusun strategi agar modal menjadi lebih murah. (dwq)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section