1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

3 Hal yang Harus Dibicarakan Saat Baru Menikah

Anda butuh waktu untuk membahasnya secara bersama dengan pasangan, untuk menetapkan apa yang dianggap masing-masing sebagai " barang utama".

By Abdul Kharis 15 Maret 2016 09:34
Ilustrasi pengantin yang baru menikah (pixabay)

Money.id - Pengantin baru akan menghadapi hidup yang berbeda dengan sebelumnya. Oleh karena itu, perlu komunikasi tentang keuangan yang baik sejak baru menikah.

Jika Anda punya penghasilan yang layak dan telah mengelola keuangan dengan cukup baik selama bertahun-tahun, itu adalah pergerakan sulit ketika Anda tiba-tiba harus membicarakan pembelian barang pribadi dengan pasangan.

Anda butuh waktu untuk membahasnya secara bersama dengan pasangan, untuk menetapkan apa yang dianggap masing-masing sebagai " barang utama" pembelian.

Terpenting, mencari tahu batasan harga barang yang akan dibeli dengan mendiskusikannya terlebih dahulu.

Setelah menikah, Anda biasanya memiliki beberapa tabungan untuk rumah, liburan, dan anak-anak. Tetapi Anda tidak bisa mencapai angka tabungan yang diinginkan jika tidak membicarakan pengeluaran pribadi saat ini dan bagaimana mengaturnya di masa depan.

Untuk menghindari pertempuran tentang hal keuangan di masa depan, lebih baik bicarakan mulai saat ini.

Berikut adalah tiga hal perlu didiskusikan dengan pasangan sewaktu menjadi pengantin baru, dikutip dari brides.com, Selasa, 15 Maret 2016.

1. Perawatan ke salon

Beberapa pria berpikir memotong rambut di salon dengan biaya Rp75 ribu adalah hal yang keterlaluan dan lebih memilih untuk pergi ke tukang cukur. Belum lagi, merawat wajah sang istri yang menghabiskan biaya ratusan ribu rupiah atau waxing bulu.

Hal ini harus didiskusikan bersama semenjak baru menikah, agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa mendatang. Laki-laki jarang yang mengetahui biaya ke salon, apalagi untuk harga botoks yang mahal.

2. Hobi yang mengeluarkan banyak uang

Hobi mahal sering diabaikan ketika masih berpacaran, seperti bermain golf. Pada awalnya mungkin biasa saja melihat pasangan kita melakukan hobi elitenya tersebut.

Akan tetapi, lama-lama pasti pasangan gerah melihat keuangan hanya dipakai untuk hobinya yang super mahal itu. Segera diskusikan hal ini dengan pasangan, untuk menentukan jangka waktu boleh melakukan hobi tersebut. Misalnya, boleh bermain golf satu kali selama tiga bulan, padahal sebelum menikah dilakukan setiap pekan.

3. Kosmetik mahal

Biasanya wanita memiliki kosmetik yang mahal dan cepat menghabiskannya. Pasangan Anda akan kaget melihat uang yang dicari dengan sekuat tenaga hanya habis untuk membeli bedak mahal berharga ratusan ribu rupiah.

Semenjak pengantin baru, sebaiknya diskusikan dulu dengan pasanga Anda. Hal ini agar tidak terjadi permasalahan keuangan untuk ke depannya. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section