1. HOME
    2. FINANCE
FINANCE

Berbisnis Tapi Tak Punya Modal Besar? Cobalah 5 Cara Ini!

Faktanya banyak pemilik bisnis yang mendulang rejeki besar, dengan cara...

By Rizki Astuti 7 Mei 2016 14:20
Ilustrasi Reseller (reputationweaver.com)

Money.id - Ingin membangun bisnis tapi terbatas dana? Jangan khawatir, Anda dapat memanfaatkan keterampilan, etos kerja, dan pemasaran yang jitu. 

Chris Guillebeau, penulis buku 'The $100 Startup', mengatakan bila ingin bisnis yang dijalankan berhasil, Anda dapat mengikuti pedoman sederhana berikut ini, seperti dikutip laman Entrepreneur, Sabtu 7 Mei 2016. 

1. Ciptakan Sesuatu
Cobalah menciptakan sesuatu yang tidak memerlukan biaya awal besar, tetapi dapat dijual berkali-kali dengan harga yang melampaui ongkos produksinya. Sesuatu yang bernilai ekonomis itu, lalu dipasarkan diberbagai pasar atau toko online.

Banyak pemilik bisnis menjual produk mereka di beberapa toko atau pasar online, sekaligus agar lebih dikenal oleh masyarakat. Namun jangan lupa untuk memastikan stok produk selalu tersedia di semua toko online tempat Anda berjualan.

2. Reseller
Anda menilai diri sendiri kurang kreatif dalam hal menciptakan sesuatu? Hmm, cobalah mencari bisnis dibidang lain, yaitu menjadi reseller. Faktanya banyak pemilik bisnis yang mendulang rejeki besar, dengan cara menjual produk yang sudah ada.

Salah satu yang tren saat ini adalah bisnis drop shipping. Anda tidak perlu memiliki gudang atau etalase fisik. Anda hanya perlu membuka toko online dan bekerja sama dengan pedagang grosir atau perusahaan drop shipping yang akan mengurus semua kebutuhan toko virtual Anda.

3. Jual Jasa
Salah satu cara memulai bisnis dengan sedikit modal atau bahkan tanpa modal adalah menjual jasa atau layanan. Ada berbagai macam layanan yang dapat diawarkan, tergantung pada keterampilan dan minat Anda.

Beberapa akan membutuhkan gelar, seperti akuntansi, sementara yang lain memerlukan tidak lebih dari pengetahuan tentang bagaimana sesuatu berfungsi atau dilakukan (seperti penitipan bayi, memotong rumput atau asisten pribadi).

Menawarkan layanan alias jasa membutuhkan branding untuk memastikan nama dan perusahaan mendapat tempat di hati pelanggan yang membutuhkan bantuan Anda.

Penting juga untuk memiliki website yang berisi pencapaian, testimoni pelanggan serta daftar harga jasa. Hal ini wajib dilakukan tidak hanya untuk memperkuat merek Anda, tapi juga menarik pelanggan baru.

Next: Bila tak punya cukup uang untuk berbisnis, cobalah sistim barter misalnya...


Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section