1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FASHION

Tips Pilih Kebaya yang Cocok untuk Tubuh Besar

Sebagian besar wanita yang bertubuh besar selalu melakukan kesalahan dalam memilih busana kebaya yang akan dikenakannya.

By Dian Rosalina 21 April 2016 14:10
Kebaya Untuk Wanita Bertubuh Besar (Pinterest)

Money.id - Kebaya sudah lazim dikenakan sejak tempo dulu termasuk oleh tokoh perjuangan wanita, Raden Ajeng Kartini. Hampir setiap hari Kartini mengenakan busana tersebut dan selalu terlihat anggun saat dikenakannya.

Kebaya adalah salah satu simbol pakaian nasional Indonesia. Meski tidak lagi digunakan sehari-hari, busana ini masih jadi favorit para wanita untuk dipakai di berbagai kesempatan, seperti kondangan, acara wisuda, hingga pernikahan.

Wanita yang memiliki tubuh langsing tentunya terlihat cantik saat menggunakan kebaya. Sebab setiap lekukan tubuhnya bisa ditonjolkan lewat siluet kebaya. Namun bagaimana dengan wanita bertubuh besar?

Sebagian besar wanita yang bertubuh besar selalu melakukan kesalahan dalam memilih busana kebaya yang akan dikenakannya. Berikut ini ada beberapa trik untuk wanita yang bertubuh besar tapi masih ingin terlihat anggun dengan kebaya modern.

Pakai Bahan Lembut

Bahan-bahan seperti brokat, sifon, atau kebaya katun Jepang yang halus bisa menjadi pilihan untuk dibuat model kebaya yang cantik. Pakai juga bahan yang agak tipis tapi tidak menerawang.

Wanita bertubuh besar tidak dianjurkan untuk memakai kebaya yang terbuat dari material kasar karena membuatnya terlihat lebih besar dan kaku.

Hindari Detail Berlebihan

Beberapa orang menganggap kebaya yang identik dengan banyak payet dan brukat adalah yang terbaik. Tapi untuk wanita gemuk, sebenarnya menimbulkan masalah.

Motif yang besar dan berlebihan akan membuat kesan dan ilusi bahwa tubuh akan lebih besar lagi. Hindari juga pemakaian detail yang berlebihan pada bagian perut, lengan, dan pinggul.

Warna Gelap

Untuk Anda yang memiliki tubuh besar, hindari kebaya yang berwarna pusat atau terlalu terang. Warna gelap bisa memberikan ilusi tubuh agar terlihat lebih ramping.

Tapi tetap jangan terlalu mencolok. Usahakan warna atasan dan juga bawahan kebaya senada. Warna yang cocok antara lain, hijau tua, ungu tua, biru, atau merah tua.

Kerah Bentuk 'V'

Kebaya modern dan kebaya berleher tinggi memang sedang tren di kalangan masyarakat. Namun tidak semua orang cocok memakai kerah tinggi.

Orang yang bertubuh gemuk cenderung memiliki leher yang pendek, bukan? Nah oleh karena itu, kebaya bentuk 'V' sangat dianjurkan untuk Anda bertubuh besar yang ingin memakai kebaya, karena memberikan kesan leher terlihat panjang.(berbagai sumber)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section