1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Rangkul UKM, Anne Avantie Luncurkan E-Commerce Heritage

Ia menyadari bahwa banyak produk UKM yang bagus dan memiliki kekuatan tersendiri. Itulah alasan yang membuatnya membuka lapak jualan online.

By Dian Rosalina 20 April 2016 08:02
konferensi pers peluncuran www.anneavantiemall.com di Grand Indonesia Jakarta Pusat, Selasa 19 April 2016 (Dian Rosa/Money.id)

Money.id - Di tahun 2015 tercatat ada 55 juta UKM di seluruh Indonesia. Namun hanya satu persen dari mereka yang tersentuh teknologi dalam memasarkan tiap produknya. Padahal pemanfaatan teknologi merupakan salah satu cara agar bisa membantu mereka berkembang hingga akhirnya produk mereka lebih dikenal.

Melihat hal itu, desainer kenamaan Anne Avantie menciptakan sebuah wadah yang bisa membantu para industri kreatif.

Ia mencoba melucurkan sebuah e-commerce yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya e-commerce lebih memfokuskan barang-barang seperti fashion, atau barang elektronik, lewat www.anneavantiemall.com, dia ingin membantu para UKM memasarkan produknya secara lebih luas. Mulai dari barang-barang fashion, handycraft, musik, sampai makanan khas dari daerah seluruh Indonesia.

"Dari tahun ke tahun para UKM di daerah terus mencari letak kesalahan mereka dalam memasarkan produknya. Sedangkan mereka terus memproduksi dengan modal yang sangat minim. Menyewa lapak pameran cukup mahal sekarang ini," ujar Anne dalam konferensi pers peluncuran www.anneavantiemall.com di Grand Indonesia Jakarta Pusat, Selasa 19 April 2016.

Ia menyadari bahwa banyak produk UKM yang bagus dan memiliki kekuatan tersendiri. Itulah alasan yang membuatnya membuka lapak jualan online bagi para UKM Indonesia demi memasarkan produk terbaiknya.

Mengaku tidak mengerti soal teknologi internet, Anne Avantie merangkul salah satu ahli di bidang e-commerce dan menjadikanya CEO dari www.anneavantiemall.com yaitu Fransiscus Budi Pranata. Berpengalaman di bidang e-commerce sebelumnya, Fransiscus Budi Pranata mengatakan bahwa dari segi bisnis, produk-produk UKM tentu saja menguntungkan.

"Ini akan menjadi sesuatu yang sangat besar, bahkan e-commerce ini saya harapkan bisa go international. Dengan produk kreatif bernilai tinggi ditambah sentuhan dari Anne Avantie mudah-mudahan ini bisa menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan," ujar Frans.

Frans menambahkan bahwa UKM-UKm yang ikut serta dalam www.anneavantiemall.com telah mencapai kurang lebih 100 UKM dan masih akan bertambah lagi. Barang-barang yang dijual pun cukup beragam dan dipilih terbaik, harganya beragam mulai dari Rp50 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Cocok untuk para masyarakat menengah ke atas.

Adanya e-commerce ini pun tidak terlepas dari dukungan dari pemerintah. Dirjen Industri Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Euis Saedah mengatakan pemerintah sangat mendukung adanya www.anneavantiemall.com ini.

"Mendukung artinya nantinya akan bertambah gerai-gerai yang berkualitas dan akan membantu para UKM untuk dipasarkan produknya. Kami nantinya akan menjembatani para UKM untuk bisa bergabung dengan E-commerce ini," kata Euis kepada Money.id.

Menurut dia, selama ini pemerintah telah membiayai para UKM saat ada pameran-pameran besar. Ia pun percaya Anne Avantie bisa memilih produk-produk berkualitas dengan harga yang adil.

"Beberapa Kementerian pun memberikan fasilitas untuk membuat Hak Kekayaan Intelektual gratis, dan nantinya akan dipandu supaya lebih mudah lagi," kata dia. (poy)

(da/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section