1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FASHION

Pecinta Jeans, Ini Tips Merawat Item Fashion Favorit Anda

45 persen wanita mengatakan, bahwa item pakaian favorit mereka adalah jeans.

By Dian Rosalina 12 Oktober 2015 11:40
Ilustrasi wanita mengenakan celana jeans (Pixabay)

Money.id - Riset yang dilakukan oleh Colour Catcher mengungkap bahwa setiap wanita memiliki pakaian favoritnya. Salah satunya adalah celana jeans

Mungkin salah satu dari Anda adalah penggemar setia celana jeans. Kemana pun Anda pergi, item ini pasti tidak pernah lepas dari daftar pakaian yang wajib Anda gunakan.

Riset yang dilakukan oleh Colour Catcher menunjukkan bahwa 45 persen wanita mengatakan, bahwa item pakaian favorit mereka adalah jeans.

Dilansir dari Female First, Senin 12 Oktober 2015, sebagian dari mereka lebih rela kehilangan cincin pernikahan mereka ketimbang harus merelakan celana jeans yang tidak bisa digunakan lagi.

Celana jeans diakui dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri seorang wanita. Selebriti seperti Victoria Beckham hingga putri kerajaan Inggris, Kate Middleton menyukai item pakaian ini. Bahkan jika dibandingkan dengan pria, wanita lebih merawat celana jeans miliknya.

"Seseorang pasti memiliki satu item pakaian yang menjadi favorit mereka. Penelitian kami menunjukkan bahwa 40 persen wanita yang tidak berhati-hati saat mencuci pakaian favorit mereka, akan menjadi sangat sedih. Karena daripada menghabiskan uang di laundry, mereka lebih memilih mencucinya di rumah. Selain menghemat uang dan waktu, mereka juga dapat merawat pakaian kesayangan mereka ini," kata Manuela Unger dari Colour Catcher.

Secara umum, merawat jeans tidaklah sesulit yang dibayangkan. Namun ada sebagian orang yang melakukan teknik perawatan tertentu untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Misalnya dengan tidak mencucinya selama berbulan-bulan atau justru harus sering dicuci agar warnanya semakin menonjol.

Sebenarnya, bagaimana cara merawat jeans yang benar? Ini tipsnya.

Baca Instruksi pada label
Dikutip dari How to wash stuff, cara paling aman adalah membaca terlebih dahulu instruksi perawatan yang biasanya tertera pada label di bagian dalam jeans. Biasanya dituliskan prosedur pencucian, suhu air yang digunakan untuk mencuci juga petunjuk penyetrikaan.

Pastikan tidak ada benda apapun yang tertinggal di dalam kantong celana
Seperti uang kertas, koin, pulpen, dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah jeans terkena serpihan kertas atau tersobek benda tajam saat pencucian. Hindari juga penggunaan pemutih, karena bisa memudarkan semua warna jeans.

Gunakan mesin cuci, dengan tangan maupun dry clean
Jika ingin menggunakan mesin cuci, atur pada pencucian 'delicate'. Sebaiknya saat mencuci jeans disatukan dengan pakaian lain yang juga berbahan denim, dan tidak lebih dari lima potong. Terlalu banyak jeans yang dicuci dalam watu waktu bisa membuat mesin berat sehingga hasilnya tidak bersih maksimal.

Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung

Hal tersebut dapat memudarkan warna jeans kesayangan Anda. Kebanyakan baju yang berwarna juga kalau terlalu lama kena sinar matahari bisa memudar.

Setelah kering, sebaiknya jeans tidak dilipat
Sebaiknya simpan jeans di lemari dengan cara digantung menggunakan hanger untuk menjaga bentuk aslinya. (dwq)

(da/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section