1. HOME
  2. FASHION-BIZ
FASHION

Ingin Berkarier di Dunia Fashion? Intip Dulu 6 Tips Berikut Ini

Dunia fashion bukan lingkup yang besar, melainkan sangat besar. Jadi sangat penting untuk Anda memutuskan di mana dan bagian apa Anda akan...

By Dian Rosalina 23 Juli 2016 16:50
Ilustrasi Bekerja di Bidang Fashion (pinterest)

Money.id - Dunia fashion memang selalu menjadi daya tarik bagi semua orang yang tertarik di bidang tersebut. Tidak sedikit yang berusaha keras untuk masuk ke dalam dunia fashion, sebab tak semua orang bisa masuk dan bertahan di sana.

Sebelum Anda memasuki dunia pekerjaan di bidang fashion, intip dulu enam tips berikut agar bisa bertahan dalam pekerjaan ini yang dilansir dari The Guardian, Sabtu 23 Juli 2016.

Memilih area fashion

Dunia fashion bukan lingkup yang besar, melainkan sangat besar. Jadi sangat penting untuk Anda memutuskan di mana dan bagian apa Anda akan berkarier.

"Pekerjaan Mode mencakup berbagai hal, seperti fotografi, styling, merchandising, dan buyers. Pilihlah salah satu keahlian dan kemudian geluti secara serius," kata Alexandra Alberta Yeo, pendiri label perhiasa Alexandra Alberta.

Lauren Gibson, yang bekerja di Fashion Awareness Direct, setuju bahwa Anda harus membangun pengalaman dari bidang yang Anda pilih.

Memiliki pengalaman kerja

Sangat sulit sekarang ini magang di dunia fashion. Namun Gibson menyarakan untuk mencoba lebih giat agar mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin.

"Saran saya semakin Anda mengenal banyak perusahaan. Bila Anda merasa tidak punya kesempatan, cobalah berkaca dari seorang mahasiswa saya yang baru mendapat pekerjaan dari Vivienne Westwood berbekal surat pengantar magang. Intinya Anda harus bertanya dan keberuntungan akan datang," ujarnya.

Para ahli pun mengingatkan bahwa tidak memiliki pengalaman apapun itu sangat buruk. Jadi misalnya Anda bekerja sebagai pekerja toko, terangkan bagaimana Anda menangani pelanggan, pemahaman penawaran dan permintaan. Itu akan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Dekati secara langsung

Ketika mendekati perusahaan, Alberta merekomendasikan untuk mendekati mereka secara personal dan langsung. "Kirim CV Anda ke perusahaan fashion dan merek yang Anda ingin lamar. Misalnya dengan menelepon mereka, membuat janji dan mencoba bertemu seseorang secara pribadi," kata dia.

Meluncurkan brand sendiri

"Jika Anda bersikeras membuat label sendiri, dan fokus dengan desain Anda, saya merekomendasikan melakukan fashion show," kata Alberta.

Perancang busana Phoenix Keating menambahkan bahwa di industri fashion pengetahuan adalah kekuatan Anda. "Semakain banyak teknik, gaya, dan sejarah yang Anda keluarkan ide Anda."

Industri kreatif perlu riwayat hidup kreatif

"Sebuah CV profesional bisa menjadi pilihan yang baik, namun dalam industri kreatif seperti fashion, desain CV sangat diperhatikan. Apalagi jika Anda dari jurusan desain, kami melihat kreativitas Anda dari sana," kata Keating.

Hal tersebut menjadi penting mengingat CV hanyalah langkah pertama Anda untuk mendapat pekerjaan pertama. "Wawancara adalah hal penting lainnya. Seringnya Anda akan dinilai seberapa baik Anda dan apakah bisa bekerja dengan orang tersebut," kata Elinor Renfrew, kepala fashion di Kingston University.

Ketekunan adalah kunci

Dalam fashion, antusiasme dan ketekunan adalah penting. Sebisa mungkin jangan pernah menunda pekerjaan apapun. Ini adalah industri yang kompetitif dan pendekatan salah satu cara yang diperlukan untuk mendapatkan posisi yang Anda inginkan. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section