1. HOME
    2. FASHION-BIZ
FASHION

Jelang Ramadan, Omzet Pedagang Mukena Tanah Abang Naik 70 Persen

Suasana hiruk-pikuk mulai terasa di pusat perbelanjaan Tanah Abang Blok A -Blok B Jakarta Pusat mendekati Ramadan tahun ini.

By Dian Rosalina 26 Mei 2016 15:53
Suasana Pasar Tanah Abang Menjelang Ramadan (Money.id/Dian Rosa)

Money.id - Memasuki H-11 sebelum Ramadan, umat Muslim mulai mempersiapkan datangnya bulan suci. Mulai dari pemakaman umum yang ramai didatangi para peziarah, hingga pusat-pusat perbelanjaan yang juga mulai padat pengunjung.

Beberapa orang mungkin lebih memilih berbelanja persiapan lebaran saat bulan Ramadan berlangsung. Namun sebagian lagi lebih memilih jauh-jauh hari sebelum Ramadan menjelang.

Termasuk di salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan tertua di Jakarta, Tanah Abang. Sejak dulu Tanah Abang dikenal sebagai pasar yang menjual barang-barang grosir dari pabrik-pabrik dengan harga murah maupun barang-barang impor.

Suasana hiruk-pikuk mulai terasa di pusat perbelanjaan Tanah Abang Blok A -Blok B Jakarta Pusat mendekati Ramadan tahun ini. Riuh terdengar sayup-sayup suara pedagang meneriaki harga dari produk-produk yang dijualnya.

"Ayo kakak, belanja kakak! Boleh lihat-lihat dulu saja. Cuma Rp120 ribu satu potong, tapi kalau ambil dua atau tiga bisa turun jadi Rp100 ribu per potong. Ayo dipilih kakak, ibu!" saut salah seorang pedagang busana muslim di Blok B Tanah Abang saat Money.id melintasi tokonya, Kamis 26 Mei 2016.

Busana muslim menjadi item yang paling diburu oleh para pembeli jelang Ramadan. 

Di beberapa toko busana muslim wanita kini ditemui banyak model long outwear dengan pilihan warna menarik. Seperti di toko Rena yang menjual outwear tersebut.

(Suasana salah satu toko di Tanah Abang yang ramai dikunjungi/Money.id-Dian Rosa)

"Warna yang paling banyak dicari itu coklat muda, abu-abu, biru tosca, dan hitam. Harganya satu potong itu Rp120 ribu, nah kalau mbak mau beli minimal dua pieces harganya bisa Rp100 ribu kok," kata salah seorang penjual yang tengah sibuk melayani pembeli.

Lalu di salah satu toko mukena di Blok A bernama Al-Fauzi misalnya. Peningkatan omzet yang signifikan dari hari biasa mulai dirasakan olehnya.

Sudah hampir satu minggu omzetnya naik hampir 70 persen dari hari-hari biasanya. Sang pemilik, Indah mengatakan kepada Money.id bahwa sudah beberapa hari belakangan tokonya ramai dikunjungi pembeli.

(Toko mukena Al-Fauzi/Money.id-Dian Rosa)

"Sekarang lagi banyak permintaan dari mukena katun jepang. Aku sudah stok dari tiga bulan lalu malah. Dengan kisaran harga Rp100 ribu sampai Rp175 ribu, mulai dari remaja dan ibu-ibu beli mukena saya. Cuma pasti sih, seminggu sebelum puasa akan sangat ramai," kata dia.

NEXT: Jelang Ramadan, Pembeli Habiskan Jutaan Rupiah Sekali Belanja >>>

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section