1. HOME
    2. FASHION-BIZ
FASHION

Jadi Fotografer Freelance, Ical Sanggup Bayar Kuliah Sendiri

"Awalnya saya diminta teman untuk bantu-bantu jadi dokumentasi sebuah acara. Nah dari situ lama kelamaan saya dibayar, sampai.."

By Dian Rosalina 18 Mei 2016 17:45
Faizal Firmansyah, Fotografer Freelance (Instagram)

Money.id - Freelance sekarang ini sudah menjadi bagian dari profesi seseorang. Meskipun dulunya profesi tersebut bukan menjadi pilihan pekerjaan, namun sekarang ini profesi freelancer bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan.

Itulah yang dirasakan oleh Faizal Firmansyah yang kini berprofesi sebagai fotografer freelance. Pria yang acapkali dipanggil Ical ini mengawali pekerjaan freelance saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas.

Kesukaannya terhadap dunia fotografi membawanya mendalami pekerjaan sebagai seorang fotografer. Seusai lulus dan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Desain Interstudi jurusan Desain Komunikasi Visual, Ical lebih mendalami ilmunya di bidang fotografi.

"Awalnya saya diminta teman untuk bantu-bantu jadi dokumentasi sebuah acara. Kebetulan saya punya kamera profesional juga, kan. Nah dari situ lama kelamaan saya dibayar, sampai sekarang saya bisa membiayai kuliah sendiri," ujar Ical yang dihubungi oleh Money.id, Rabu 18 Mei 2016.

Selama ini dia diminta menjadi fotografer di berbagai acara, seperti pernikahan, pra-wedding, dan acara ulangtahun. Tetapi tidak jarang juga Ical mendapat pekerjaan sebagai fotografer produk-produk tertentu.

Menjadi seorang pekerja lepas, tidak membuat penghasilan Ical sedikit. Setidaknya ia bisa dibayar Rp2 juta sampai Rp5 juta untuk satu kali panggilan pekerjaan. Tetapi untuk produk artikel brand online, biasanya dia mematok harga tidak terlalu tinggi.

"Saya sih sudah mematok harganya segitu untuk wedding dan pra-wedding tetapi kalau klien minta heboh lagi, bisa saya naikkan sih. Kalau untuk foto-foto produk gitu aku tidak terlalu mahal kok, cuma Rp150 ribu sampai Rp200 ribu per artikel," ujarnya.

Next: Suka Duka Jadi Fotografer Freelance >>>

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section