1. HOME
    2. FASHION-BIZ
FASHION

Jangan Kaget, Inilah Harga Asli Sepatu Adidas dan Nike

Sepatu 'Adidas Energy Boost 3' yang dijual US$160 atau setara Rp2,1 juta biaya produksinya sekitar US$30 atau setara Rp408 ribu.

By Rohimat Nurbaya 26 Mei 2016 20:55
Ilustrasi sepatu lari (comfortableclub.com)

Money.id - Selama ini ada pendapat yang beredar dari masyarakat: Nike memproduksi sepatu mereka rata-rata US$2 atau sekitar Rp27 ribu. Adidas rata-rata biaya produksinya US$10 atau sekitar Rp136 ribu dan menjualnya US$350 atau setara Rp4,7 juta. Jadi mereka memiliki keuntungan US$340 atau setara Rp4,6 juta.

Sementara itu Sneakers bisa jauh lebih murah jika merek berhenti membayar untuk Kanye West, Stephen Curry dan LeBron James. Biasanya seseorang membeli sepatu senilai US$200 atau setara Rp2,7 juta, sedangkan pada musim belanja Hari Natal di Amerika atau Black Friday hanya US$50 atau setara Rp680 ribu.

Tentunya orang akan terkejut karena tidak ada perusahaan yang menerbitkan biaya produksi yang tepat untuk model sepatu tertentu, mengingat ini adalah suatu topik yang sedang hangat dibicarakan. Informasi biaya produksi sepatu tentunya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan.

Dikutip dari solereview.com, pada 2014, Matthew Kish, seorang jurnalis dari Portland Business Journal menulis biaya rata-rata untuk membuat sepasang sepatu sebesar US$100 atau setara Rp1,3 juta. "Kami pikir ini akan menjadi lebih bermanfaat untuk memberitahu berapa biaya produksi sebuah sepatu," tulisnya.

Tidak hanya itu, tulisan itu juga memberitahu cara kerja pengecer memberikan diskon dan berbagai jenis dampaknya. Jawabannya sangat mengejutkan. Angka yang disebutkan 95 persen akurat.

Ilustrasi harga produksi sepatu Adidas (solereview.com)

Ada beberapa istilah dalam industri tersebut, yakni Free on Board (FOB) atau biasa disebut juga Freight On Board yang merupakan biaya sepatu ketika dimuat di pelabuhan, biasanya di negara di mana pabrik sepatu itu berada.

Dalam industri, ini dikenal istilah BOM atau tagihan bahan. Daftar ini ditandai dengan berapa banyak masing-masing biaya bahan Anda untuk membeli. Misalnya untuk sepatu lari akan menambahkan biaya produksi untuk  kulit sintesis, mesh, benang, logo atau tinta, trims, midsole, outsole dan lain-lain.

Kemudian ada juga yang disebut biaya akhir yakni atau biasa disebut dengan istilah LOH. Informasi BOM bersifat rahasia, terbatas pada tim produk yang terlibat membuat model sepatu tertentu.

Ada 22 model sepatu dari Adidas, Asics dan Nike, dan Infografik yang  menunjukkan apa saja biaya untuk membuat masing-masing sepatu itu.

Bisa dilihat biaya rata-rata warna yang berbeda di seluruh model tunggal, karena biaya produksi berbeda berdasarkan warna. Namun untuk ukuran sepatu setiap individu biasanya tidak berbeda di tiap negara.

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section