1. HOME
  2. STYLE & LOOK
TIPS FASHION

Ini Alasan Anda Harus Mencuci Baju Baru Sebelum Dipakai

Jadi kalau Anda memakai pakaian baru lalu terjadi ruam kulit serta iritasi kulit lainnya, itu bukan karena kulit Anda, tetapi karena...

By Dian Rosalina 25 Juni 2016 08:15
Ilustrasi Baju Baru (NTD Indonesia)

Money.id - Rata-rata orang yang membeli baju baru selalu langsung memakainya tanpa dicuci terlebih dahulu. Padahal hal tersebut berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda, loh.

Seorang ahli busana manufaktur, Lana Hogue menjelaskan bahwa sebelum memakai baju baru yang baru dibeli, Anda harus mencucinya terlebih dulu. Alasannya pertama Anda tidak tahu bukan, jika baju tersebut telah dipakai berkali-kali oleh orang lain?

Bau badan orang tersebut pun akan otomatis bersarang diserat-serat kain dari baju tersebut. Selain itu, potensi bahaya dari bahan kimia yang ada pada saat proses manufaktur pun belum hilang.

"Sebagian besar bahan kimia yang digunakan saat proses pencelupan kain atau pengerjaan benang yang diproses melalui mesin cuci ternyata bisa menyebabkan iritasi," kata Luna yang dilansir dari Cosmopolitan, Sabtu 25 Juni 2016.

Ia juga menjelaskan bahwa bahan kimia seperti pewarna atau anti-jamur sudah pasti digunakan saat proses manufaktur. Hanya saja penggunaan bahan kimia di tiap negara berbeda-beda.

Benang biasanya akan disemprotkan dengan anti jamur dan bahan kmia yang membantu kelancaran pengerjaan penenunan. Sementara itu, untuk proses pewarnaan di semua jenis kain, tiap pabrik harus menggunakan lebih banyak bahan kimia.

Misalnya saja seperti resin formaldehida dan azo aniline adalah pewarna yang paling sering digunakan di seluruh pabrik tekstil. Lana menambahkan bahwa serat alami pun butuh bahan kimia kaustik.

Jadi kalau Anda memakai pakaian baru lalu terjadi ruam kulit serta iritasi kulit lainnya, itu bukan karena kulit Anda yang tidak cocok dengan bajunya. Tetapi karena Anda alergi dengan bahan-bahan kimia keras tersebut.

Lalu sudahkah Anda mencuci pakaian baru Anda untuk Lebaran nanti? (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section