1. HOME
  2. STYLE & LOOK
FASHION

Ini 6 Hal yang Tidak Boleh Dikenakan Saat Wawancara Kerja

Selain penting demi mendapat perhatian pewawancara, apapun yang dikenakan seseorang juga mencerminkan kepribadiannya.

By Dian Rosalina 10 Juni 2016 15:10
Ilustrasi Wawancara Kerja (businessinsider.com)

Money.id - Sebagian orang yang dipanggil untuk wawancara kerja merasa bingung dengan pakaian apa yang harus kenakan. Selain penting demi mendapat perhatian pewawancara, apapun yang dikenakan seseorang juga mencerminkan kepribadiannya.

Dikutip dari Monster, Jumat 10 Juni 2016, sebelum pergi untuk wawancara kerja, sebaiknya pastikan untuk memperhatikan apa saja yang tidak boleh dikenakan saat wawancara kerja. Berikut ulasannya.

Pakaian terlalu pendek dan ketat

Banyak para pelamar yang salah kostum saat dipanggil wawancara kerja. Alasannya karena merasa bingung apa yang harus digunakan untuk menarik perhatian pewawancara.

Padahal cukup dengan berpakaian rapi dan menjadi diri Anda sendiri saja. Hindari pakaian yang membuat Anda tidak nyaman, karena hal itu malah akan menggangu konsentrasi Anda.

"Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau terlalu pendek. Karena selain akan memberikan kesan yang buruk, itu juga mengganggu diri Anda sendiri. Lebih baik pilih pakaian yang menurut Anda nyaman saja," ujar Stacy Lindenberg, pemilik Talent Seed Consulting.

Pakaian terlalu santai

Menjadi diri sendiri memang tak apa ketika memenuhi wawancara kerja. Namun harus melihat situasi dan kondisi juga, jangan malah memakai pakaian yang terlalu santai.

"Jangan memakai celana jeans, sepatu tenis, celana pendek, t-shirt, topi, sandal jepit, atau memakai pakaian yang menuliskan brand tertentu secara jelas," kata pendiri OpalStaff, Trevor Simm.

Hindari pakai sesuatu yang mengganggu

Menyukai warna-warna cerah memang tidak apa-apa, namun sebaiknya tidak dikenakan saat wawancara kerja. Karena itu akan sangat mengganggu fokus pewawancara.

"Bila masih ingin mengenakan warna cerah, lebih baik memilih pola halus di atas warna cerah. Pakaian berwarna netral atau gelap lebih baik dibanding berwarna neon," kata Linderberg.

Selain itu makeup dan perhiasan harus diperhatikan. Untuk wawancara kerja lebih baik memiliki makeup natural dan aksesori sederhana.

Jangan sampai bau keringat apalagi bau badan

Tidak pantas rasanya menghadiri undangan wawancara kerja dengan badan penuh keringat, berbau asap, atau terlihat kusam. Jika tidak ingin itu terjadi, sebaiknya Anda menyiapkan pakaian cadangan agar tidak perlu mengambil risiko dicap tidak profesional oleh pewawancara. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section