1. HOME
  2. FASHION-BIZ
LOGO

Adidas Vs Puma, Musuh Bebuyutan Dua Saudara (II)

Perselisihan diantara keduanya baru 'selesai' pada 2009 dengan pertandingan sepak bola persahabatan, antar pekerja atau karyawan adidas dan puma

By Dian Rosalina 4 November 2015 08:27
Logo lama adidas dan puma lama (blogspot)

Money.id - Perseteruan bersaudara, Adi dan Rudi Dassler berlangsung selama puluhan tahun. Nyaris tak ada yang mampu mendamaikan perselisihan pemilik adidas dan puma itu.

Meski demikian bisnis perlengkapan olahraga adidas dan puma kian berkembang pesat penjualannya hingga saat ini. Kesuksesan adidas bermula ketika Rudi berselisihh dengan pelatih tim nasional Jerman Barat. Rudi menarik diri dan tak lagi mensuplai perlegkapan olaharga.

Melihat peluang itu, Adi menggantikan suplai perlengkapan olahraga tim nasional. Sejak saat itulah nama dan wajah Adi mengisi setiap koran di Jerman. Adidas menjadi merek terkenal.

Perselisihan diantara keduanya baru 'selesai' pada 2009 dengan pertandingan sepak bola persahabatan, antar pekerja atau karyawan adidas dan puma.

Perubahan di Masa Depan
Pada dasarnya kedua logo tersebut (adidas dan puma) memiliki kesamaan latar belakang, yaitu ingin mengarah pada sesuatu yang lebih baik. Logo adidas misalnya, dirancang untuk mempengaruhi massa dengan kesederhanaan dan keanggunan.

Logo tersebut terdiri dari garis-garis paralel logo adidas yang mewujudkan kinerja luar biasa para atlet, dan upaya mereka mencapai tujuan, yaitu sebuah kemenangan. Warna hitam pada logo memotivasi kaum muda melibatkan diri dalam atletik atau menjadi atlet.

(Sumber: reviewlogo)

Meski logo adidas tiga kali berevolusi, namun kesederhanaan adidastak berubah alias tetap ditampilan pada tiga garis yang mewakili kualitas, kepemimpinan, dan mempertahankan fleksibilitas untuk masa depan.

Lalu bagaimana dengan puma?

Sejak tahun 1996, Puma memfokuskan kegiatannya di Amerika Serikat dan menguasai sekitar 25 persen pasar pakaian olahraga Amerika berlisensi resmi profesional basket dan asosiasi sepak bola. Kegagahan perusahaan dan kekuatan produk puma digambarkan pada hewan puma atau harimau kumbang yang melompat.

(Sumber: reviewlogo)

Warna logo Puma sangat obyektif, yaitu berbasis warna hitam dan merah yang menggambarkan supermasi besar pada perubahan, keyakinan, dan keberanian dalam diri sendiri. Gaya tulisan (font) 'Puma' menampilkan kesan otoritas dan kepercayaan para atlet di seluruh dunia.

Sejak berdiri pada 1948, tercatat hanya sekali perubahan pada logo Puma dari logo lama berupa seekor puma melompat di lubang huruf D yang merupakan inisial keluarga, Dassler. Kemudian pada 1968 melihat perkembangan zaman, logo diubah menjadi lebih modern. Akhirnya logo seekor puma sedang melompat menuju nama PUMA yang tertulis dengan huruf tebal dijadikan logo resmi sampai sekarang.


(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section