1. HOME
  2. STYLE & LOOK
KECANTIKAN

6 Cara Alami Tumpas Kulit Berminyak Tanpa Produk Kosmetik

Solusi agar wajah kembali cerah adalah mencuci wajah. Tetapi terlalu sering mencuci muka malah membuat...

By Dian Rosalina 10 November 2015 14:37
Ilustrasi wajah berseri (healthoffered.com)

Money.id - Kulit berminyak disebabkan karena banyak faktor, mulai dari kelenjar sebaceous yang terlalu aktif, genetik, stres, diet yang salah, dan perubahan hormon. Namun yang makin memperburuk kondisi kulit adalah perawatan yang salah.

Dikutip dari laman Boldsky, Selasa 10 November 2015, perawatan yang salah misalnya terlalu banyak menggunakan kosmetik yang menjanjikan solusi kulit berminyak. Padahal tanpa semua produk itu pun, Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut dirumah.

Cuci Wajah
Saat kulit terlalu berminyak, wajah akan terlihat sangat kusam karena debu-debu dan kotoran mudah menempel pada kulit yang berminyak. Solusi agar wajah kembali cerah adalah mencuci wajah. Tetapi terlalu sering mencuci muka malah membuat minyak alami Anda menghilang. Sebum atau minyak alami yang berguna melindungi kulit Anda malah akan hilang. Oleh karena itu, mencuci wajah cukup tidak lebih dari dua kali.

Air Lemon
Lemon dikenal kaya manfaat untuk kulit wajah, karena sifatnya dapat mencerahkan, meremajakan, dan membantu mengontrol kadar minyak bagi. Campurkan perasan mentimun dan air lemon, kemudian usapkan di kulit Anda. Biarkan hingga mengering, lalu bilas.

Aloe Vera
Aloe Vera atau yang lebih dikenal dengan lidah buaya sangat baik untuk perawatan kulit wajah sensitif dan berminyak. Caranya rebus daun aloe vera, lalu haluskan sampai berbentuk pasta, kemudian tambahkan sedikit madu. Biarkan selama 10 menit dan bilas.

Bisa juga mengaplikasikan gel aloe vera dua sampai tiga kali sehari dan biarkan mengering, lalu bilas. Sebelum digunakan, letakkan dilemari es terlebih dulu agar ketika dipakai dikulit menimbulkan sensasi segar dan dingin.

Tepung Jagung
Tepung ini memang biasa digunakan sebagai bahan masakan. Namun tepung berbahan dasar jagung ini ternyata juga memiliki khasiat untuk mengontrol kulit berminyak. Campurkan beberapa sendok tepung jagung ke dalam air hangat, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan sampai mengering, setelah itu dibilas dengan air hangat.

Garam
Seperti yang telah Anda ketahui, garam memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kecantikan Anda. Termasuk mengontrol minyak pada wajah Anda. Caranya tambahkan satu sendok teh garam kedalam air, lalu masukkan ke botol semprot. Semprotkan ke wajah Anda untuk mendapatkan wajah yang bersih.

Apel
Buah ini mengandung flavanoid, polifenol dan vitamin C yang bermanfaat sebagai anti-oksidan untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Tapi selain itu, apel juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit Anda, lho.

Campurkan apel yang sudah ditumbuk dengan oatmeal dan beberapa putih telur serta perasan lemon. Kemudian aplikasikan ke wajah Anda selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Untuk mendapatkan kulit cantik tanpa perlu produk kecantikan mudah bukan?

 

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(sm/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section