1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

XL Jamin Kelancaran Komunikasi Selama Ramadan Hingga Lebaran

Masa Ramadan dan Lebaran adalah waktu krusial bagi para penyedia layanan telekomunikasi.

By Adhi 31 Mei 2016 16:07
Ilustrasi BTS XL

Money.id - PT XL Axiata Tbk (XL) mengklaim siap menghadapi kemungkinan lonjakan trafik semua jenis layanan telekomunikasi dan data internet di bulan Ramadan dan libur panjang Lebaran.

Selain meningkatkan kapasitas jaringan, XLjuga menerapkan pengelolaan jaringan dengan memanfaatkan teknologi terbaru dalam sistem jaringan

Direktur/Chief Service Management Officer (CSMO) XL, Yessie D. Yosetya memaparkan, "Kami memang Secara khusus mempersiapkan jaringan dan hal terkait lainnya dalam menghadapi Ramadan dan Lebaran. Meski ini adalah rutinitas setiap tahun, namun ini masa yang krusial di mana puluhan juta pelanggan sangat membutuhkan koneksi dengan kualitas terbaik."

Yessie memperkirakan kenaikan terbesar trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran akan terjadi pada layanan data internet, yang mencapai 30%-40%. Sementara untuk trafik layanan percakapan dan SMS cenderung stabil, meski tidak tertutup kemungkinan akan mengalami kenaikan antara 5%-15% dibandingkan kondisi pada hari biasa. Kenaikan trafik ini terutama akan terjadi di Pulau Jawa.

Untuk antisipasi menghadapi masa-masa krusial tersebut, sejumlah langkah persiapan telah XL laksanakan. Pertama, memperbesar kapasitas jaringan. Kapasitas jaringan XL ditingkatkan hingga 2-3x dari kapasitas sehari-hari. Kedua, mengerahkan mobile BTS. Tidak kurang sebanyak 20 MBTS XL kerahkan dan sebar terutama untuk memperkuat jaringan di lokasi-lokasi yang diprediksi akan menjadi konsentrasi masyarakat, seperti terminal bus, bandara, pelabuhan, stasiun, jalur mudik, tempat belanja, dan lokasi wisata.

Ketiga, menerapkan teknologi NFV. Dengan teknologi jaringan terbaru ini, XL bisa secara mudah dan cepat mengatur kapasitas jaringan disesuaikan dengan kebutuhan di lokasi-lokasi tertentu. 

Keempat, menerapkan teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Teknologi ini berfungsi untuk menghindarkan lonjakan trafik pada suatu lokasi tertentu dengan menyebarkannya ke jaringan XL lainnya yang tersebar di beberapa titik.

Melayani lebih dari 42 juta pelanggan, saat ini jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 59.000 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G/4G), juga jaringan backbone fiber optic sepanjang lebih dari 40 ribu km yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Bali-Lombok, Sumatera, Batam, Kalimantan, dan Sulawesi.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section