1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Wow, Ilmuwan Tak Sengaja Ciptakan Baterai Abadi

Baterai ini memiliki daya tahan 400 kali lebih panjang dari baterai Lithium-ion biasa

By Nur Chandra Laksana 9 Mei 2016 12:18
Baterai Abadi (phonearena.com)

Money.id - Salah satu komponen pada ponsel pintar yang paling cepat mengalami kerusakan adalah batu baterai. Daya tahan batu baterai dalam mengisi daya memiliki jangka waktu yang tidak terlalu panjang.

Namun ternyata, beberapa ilmuwan di Universitas California tidak sengaja menemukan sebuah baterai yang memiliki daya tahan yang sangat kuat. Dilansir dari laman PhoneArena, baterai ini bahkan sanggup bertahan seumur hidup ponsel tersebut.

Baterai yang memiliki teknologi Lithium-ion ini digadang-gadang mampu memiliki umur 400 kali lebih lama jika dibandingkan dengan baterai biasa. Padahal, tim ilmuan ini hanya ingin mendesain sebuah alternatif untuk baterai Lithium-ion.

Para ilmuwan mengklaim bahwa baterai ini bisa bertahan selama 200 ribu kali proses pengisian daya. Jika dibandingkan dengan Lithium-ion biasa, mereka hanya bisa bertahan selama 7 ribu kali masa pengisian saja.

Salah satu kelemahan baterai Lithium-ion adalah untuk menahan energi listrik, diperlukan adanya cairan khusus. Keberadaan cairan ini pula yang membuat baterai Lithium-ion dapat meledak akibat cairan yang sensitif terhadap suhu.

Nah, pada baterai buatan Universitas California, cairan itu diganti dengan gel elektrolit dan digabungkan dengan penambahan serat emas untuk menyimpan energi listrik. Perubahan desain inilah yang membuat baterai tersebut mempunyai umur yang sangat panjang, bahkan beberapa menyebutnya baterai abadi.

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section