1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Wow, Charger Ini Bisa Mengisi Baterai dalam Keadaan Melayang

Perangkat pengisian baterai nirkabel (wirelesscharger) yang unik ini dibanderol dengan harga Rp2,5 juta.

By Azalia Amadea 26 November 2016 11:31
ovrcharge (dailymail.co.uk)

Money.id - Tim penemu asal Kanada telah mengembangkan perangkat pengisian baterai nirkabel (wirelesscharger) yang unik. Ketika alat pengisi baterai itu melakukan pengisian, ponsel Anda akan melayang di udara.

Melansir laman dailymail.co.uk, Sabtu 26 November 2016, charger tersebut bernama OvRcharge. Alat canggih itu menggunakan kombinasi pengisian induksi dan gaya angkat magnetik yang membuat perangkat melayang di udara saat diisi.

Menurut penjelasan di Kickstarter, wirelesscharger yang bisa mengangkat ponsel itu dihargai US$185 (sekitar Rp2,5 juta) dan kompatibel terhadap sebagian besar model ponsel populer. Tidak hanya ponsel, OvRcharge juga mampu membuat tablet melayang.

OvRcharge bekerja menggunakan pemancar dan kotak pengisian. Setiap kotak pengisian berisi penerima listrik dan magnet yang memungkinkan untuk mengambil energi dari pemancar.

"Energi dikirim melalui gelombang dan di ujung lainnya sebuah induktif akan mentransmisikan daya ke perangkat listrik untuk mengisi baterai atau menjalankan perangkat," jelas tim penemu OvRcharge.

Menurut tim penemu OvRcharge, kotak pengisian tersedia dalam berbagai model. Tetapi bagi yang mungkin memiliki ponsel baru atau lebih canggih mereka bisa memesan tambahan dari pihak ketiga.

"Gaya angkat magnetik atau suspensi magnetik adalah metode di mana sebuah objek diangkat di udara tanpa magnet yang terlihat," laman Kickstarter menjelaskan.

Masih menurut Kickstarter, kekuatan magnetik tersebut digunakan untuk melawan efek dari percepatan gravitasi dan setiap percepatan lainnya.

"Dua masalah utama dalam gaya angkat magnetik adalah kekuatannya: berapa besar gaya angkat magnet dalam melawan gaya gravitasi, dan stabilitasnya: yang memastikan bahwa sistem tidak meluncur atau jatuh secara spontan. Keduanya telah dinetralkan," tambah Kickstarter.

OvRcharge dapat mendukung perangkat yang beratnya sampai 600 gram, dan pemancarnya mampu melakukan pengisian untuk ukuran baterai 500mAh serta 700mAh.

Setelah baterai sudah terisi penuh, OvRcharge akan berhenti mengisi, tetapi ponsel akan tetap melayang.

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section