1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Laptop Mac Ternyata Tidak Kebal Virus, Ini Buktinya

Virus ini bisa 'menyandera' file Anda.

By Nur Chandra Laksana 7 Maret 2016 19:21
Ilustrasi Lubang Keamanan (blogs.absolute.com)

Money.id - Seperti yang kita ketahui, pada 2015 silam memang menjadi tahun yang terburuk bagi pengguna ponsel pintar maupun pengguna komputer. Sepanjang 2015 tercatat ada lebih dari 2 juta virus yang terdeteksi di seluruh dunia.

Namun, bagi pengguna komputer dan laptop Mac keluaran Apple, bencana tersebut tidaklah berpengaruh. Hal ini dikarenakan para pengguna Mac yakin sistem keamanan yang dimiliki Apple sangatlah bagus.

Akan tetapi, faktanya Mac bisa terinfeksi pula oleh ransomware. Seperti dilansir dari laman Ubergizmo, Senin 7 Maret 2016, ratusan pengguna menyatakan komputer atau laptop Mac mereka terhinggapi ransomware.

Ransomware mampu membuat file korban terkunci. Untuk membuka kunci tersebut, para korban biasanya dipaksa untuk membayar sejumlah uang kepada hacker yang menyebarkan ransomeware tersebut. Cara kerjanya tak berbeda seperti sebuah penyanderaan.

Bahkan, kabarnya sebuah rumah sakit Los Angeles dipaksa untuk membayar US$17,000 atau sekitar Rp223 juta akibat sistem komputasi mereka terjangkit ransomeware

Selain mengunci data, ransomware juga bisa mencuri data pribadi korban, mulai dari nama, alamat, nomer asuransi, bahkan nomor kartu debit maupun kredit sang korban.

Jadi, bagi yang memakai produk Mac, sepertinya kini anda harus berhati-hati lagi dalam melakukan kegiatan di internet. (dhi/poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section