1. HOME
  2. DIGITAL
BLACKBERRY

Waspada, Marak Peretasan Akun BBM

Pembajakan atau peretasan akun BBM ini berujung pada modus penipuan.

By Adhi 20 Oktober 2015 18:08
Ilustrasi BlackBerry Messenger (Foto: vr-zone)

Money.id - Anda pengguna setia BlackBerry Messanger? Jika iya, Anda wajib waspada. Sebab, kini BBM anda mudah dibajak orang lain.

Pembajakan atau peretasan akun BBM ini berujung pada modus penipuan. Sudah banyak korban yang terkena dampak kejahatan ini, mulai dari kehilangan akun BBM hingga menjadi korban penipuan.

Modus yang dilakukan adalah melalui pesan broadcast yang berisi link video. Korban akan diminta membuka tautan video itu dan kemudian diminta memasukkan BlackBerry Identity (BB ID) beserta kata kuncinya.

"Jika pelaku sudah mengetahui password email korban, maka kemudian pelaku mengganti password email dan akun Blackberry Messenger sehingga korban tidak bisa membukanya lagi. Begitu pelaku mengambil alih akun Blackberry Messenger korban, maka pelaku dapat dengan mudah melancarkan aksi jahatnya," kata Ketua lembaga riset keamanan cyber CISSReC (Communication and Information System Security Research Center) Pratama Persadha.

Pedagang Bocorkan Harga Eceran BlackBerry Priv

Pratama menambahkan, pelaku kejahatan kemudian akan menggunakan akun BBM korban untuk menyebarkan pesan berantai. Seperti permintaan sejumlah pulsa ataupun uang kepada orang-orang yang ada di daftar kontak BBM korban.

Pesan yang dikirimkan pun bersifat memohon seolah-olah korban sedang dalam kondisi yang memang membutuhkan bantuan, sehingga banyak orang yang pada akhirnya membantu.

Selain itu ada modus lainnya, yakni phising yang disebar ke email korban.

"Ada ribuan situs phising yang mengancam pengguna internet. Hal seperti ini sebenarnya bisa dicegah apabila pengguna tetap waspada akan modus kejahatan ini. Pastikan url atau alamat situs yang akan dituju itu benar dan bukan situs palsu yang dibuat menyerupai aslinya. Selain itu jangan sembarang membuka tautan yang pada akhirnya mewajibkan pengguna untuk memasukkan email dan password, itu berbahaya," jelas Pratama.

Menurutnya, jika sewaktu-waktu menerima pesan BBM dengan modus seperti di atas, sebaiknya berhati-hati. Karena belum tentu pesan yang dikirimkan itu benar berasal dari teman kita.

Apple Singkirkan 256 Aplikasi Berbahaya dari App Store

Pastikan kembali jika yang bersangkutan memang membutuhkan bantuan kita dengan menghubunginya melalui media komunikasi lain. Atau tanyakan hal yang pribadi sehingga bisa terverifikasi benar atau tidak itu adalah teman kita.

"Kejahatan phising ini tidak hanya mengincar akun Blackberry Messenger saja, banyak yang bisa diambil alih oleh pelaku seperti akun-akun media sosial lainnya misalnya Facebook, Twitter dan bahkan akun internet banking. Salah satu cara pencegahan yang mudah adalah dengan rutin mengganti password setiap akun yang dimiliki setidaknya setiap tiga bulan sekali," tutup Pratama.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(aa/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section