1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Tiga Rekomendasi Situs Jualan Barang Bekas

Selain jual barang bekas, sistem barter juga masih bisa diterapkan di situs jual beli online...

By Stella Maris 14 Desember 2015 14:18
Ilustrasi situs jual-beli online (Instagram).

Money.id - Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor satu di Indonesia. Forum tersebut membahas berbagai macam materi, mulai dari game, elektronik, bahkan soal bisnis.

Namun selain kaskus yang juga 'gudang' penjualan berbagai macam produk baru maupun bekas, ada tiga rekomendasi situs lainnya yang menyediakan lapak bagi para penjual barang bekas.

1. OLX
Sebelum berubah nama menjadi OLX, situs ini lebih dikenal dengan nama Toko Bagus. Bila ingin menjual barang tak terpakai namun masih layak digunakan, Anda dapat mengiklankannya di OLX.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mendaftar dengan memasukan alamat lengkap, nomor telepon, dan data lainnya. Setelah itu, pasang iklan dengan beberapa foto dan disarankan gambar asli.

Di OLX, ada pilihan harga apakah bisa ditawar alias nego atau tidak. Anda atau pembeli dapat mengetahui, berapa kali iklan tersebut dilihat.

2. Bukalapak
Situs buatan Achmad Zaky ini punya slogan 'situs jual beli online mudah dan terpercaya'. Nah tunggu apalagi, Anda bisa langsung bergabung hanya dengan klik daftar, masukan alamat email, nama lengkap, password, jenis kelamin, dan username.

Selanjutnya Anda harus sedikit mendeskripsikan lapak Anda, agar calon pembeli dapat membaca. Usahakan buatlah gambaran lapak yang menarik minta pembeli dan memberi kesan meskipun Anda newcomers, tapi Anda terpercaya.

Bila dagang di situs ini Anda tak perlu report-report lagi memikirkan pengiriman barang. Pasalnya Anda tinggal klik pengiriman barang menggunakan ekspedisi tertentu, dan mencantumkan berat dari barang yang dijual.

3. Jualo
Tidak banyak yang tahu atau mengenal situs ini. Namun startup ini sudah hadir sejak Februari 2013. Hingga saat ini Jualo memiliki ratusan ribu pengguna.

Ketika sudah mendaftar dan memasukan barang yang akan dijual, maka produk tersebut tak langsung ditayangkan atau diiklankan, akan dimoderasi lebih dulu. Bila iklan ditolak, Jualo akan memberikan alasannya.

Nah triknya agar tidak ditolak, sebaiknya barang yang akan dijual tak dikolase atau edit dalam satu frame. Gambar harus asli dan jelas.

Selain bisa jual barang bekas, ternyata Jualo juga memberlakukan sistem barter yang dinilai efektif dan saling memuaskan penjual dan pembeli, tanpa melihat barang dengan nilai uang. Bila nilai barang sama dengan yang akan ditukarkan dan mencapai kesepakatan, maka transaksi dapat langsung dijalankan.


Suka Artikel Ini? Klik Like

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section