1. HOME
  2. DIGITAL
NEWS

Terkuak, Identitas Bocah di Foto 'Messi Kantong Keresek' Sebenarnya

"Saya tidak memiliki kemampuan untuk membeli baju Messi untuknya. Jadi dia menggunakan kantong plastik untuk menggantikannya," jelas sang Ayah

By Nur Chandra Laksana 27 Januari 2016 17:05
Foto Murtaza, bocah dibalik foto fenomenal penggemar Messi (Arif Ahmadi/BBC)

Money.id - Seorang bocah asal Dohuk, sebuah kota di Irak, yang bernama Homin menjadi sorotan daring beberapa waktu lalu. Dalam foto yang beredar di dunia maya, Homin menjadi sorotan lantaran dia mengenakan kantong plastik dengan tulisan Messi. 

Ya, Homin disebut sebagai penggemar berat bintang Argentina dan Barcelona, Lionel Messi. Layaknya penggemar lainnya yang suka mengenakan jersey pemain idolanya, Homin pun melakukan hal yang sama.

Namun, akibat kondisi ekonominya, Homin hanya dapat mengenakan sebuah kantong plastik. Kantong keresek itu diubah menyerupai jersey Timnas Argentina lengkap dengan nama dan nomor punggung Messi.

Karena kisah inilah, Kurdish TV mencari bocah tersebut dan mewawancarai Homin. Namun, sumber gambar yang disebut-sebut ternyata adalah kebohongan belaka.

Homin saat Diwawancarai oleh Kurdish TV
@messi10stats/Kurdish TV

Dilansir dari laman BBC, ternyata  rumor tersebut disebarkan oleh seorang pemilik akun Twitter @illMindOfRobin.  Dalam obrolan sang pemilik akun dan seorang temannya, terungkap bahwa rumor yang dia sebarkan adalah sebuah kebohongan.

Saat dikonfirmasi ke pemilik akun tersebut, BBC Trending mendapatkan fakta yang mengejutkan. Dia menyebutkan bahwa Dohuk adalah tempat orang tuanya tinggal semasa kecil, dan dia hanya ingin tempat tersebut ‘sedikit perhatian’.

Mendapat kesaksian ini, lalu BBC mencari kebenaran di balik foto tersebut. Setelah beberapa waktu pencarian, seorang pria yang bernama Azim Ahmadi mengaku bahwa bocah yang ada di foto tersebut adalah keponakannya yang bernama Murtaza Ahmadi.

Tidak mau tertipu, akhirnya BBC bertemu dengan Azim. Dari situlah Azim bisa memberikan bukti otentik kalau bocah yang ada di foto tersebut adalah keponakannya yang tinggal di sebuah desa yang bernama Jaghori, sebelah selatan dari Ghazni, Afghanistan.

Murtaza menggunakan Baju Messi dari kantong plastik
BBC/Hamayon

Foto tersebut diambil oleh kakak Murtaza yang bernama Hamayon. Setelah mengambil gambar tersebut, Hamayon mengunggah foto tersebut ke akun Facebook miliknya.

Murtaza dan Hamayon (kiri)
BBC/Arif Ahmadi

Saat dihubungi oleh BBC melalui Azim, ayah dari Mutaza yang bernama Arif Ahmadi mengatakan, “Murtaza memang sangat mengagumi Messi dan sangat mencintai sepak bola. Namun saya tidak memiliki kemampuan untuk membeli baju [jersey] Messi untuknya, karena saya hanya petani kecil.”

“Lalu Murtaza memilih untuk menggunakan plastik sebagai gantinya,” sambung Arif.

“Dia mendengar kabar dari temannya yang mempunyai Internet bahwa dia menjadi terkenal. Selain itu, Murtaza juga berharap negara lain dapat membantu mempertemukan dirinya dengan Messi dan jika bisa, dia ingin menjadi pemain seperti Messi di masa depan,” tutup Arif.

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section