1. HOME
  2. DIGITAL
APLIKASI SMARTPHONE

TemanJalan, Aplikasi Berbagi Tumpangan bagi Warga Jabodetabek

Aplikasi ini adalah platform berbagi tumpangan yang dibangun untuk mengurangi jumlah kendaraan di wilayah Jabodetabek.

By Adhi 4 Agustus 2016 15:32
Aplikasi TemanJalan (Ziliun.com)

Money.id - Kemacetan lalu lintas sudah tentu bukan menjadi sesuatu yang aneh bagi warga Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Kemacetan sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari, baik berangkat maupun pulang bekerja.

Beragam cara ditempuh pemerintah daerah dan kepolisian untuk mengentaskan kemacetan di Jabodetabek. Menurut data Polda Metro Jaya, pada awal tahun 2015, jumlah mobil dan motor di Jakarta tumbuh 12 persen setiap tahunnya. Jumlah tersebut dipastikan akan terus meningkat.

Sebagai opsi solusi, Fauzan Helmi Sudaryanto dan Rasmunandar Rustam, berusaha menempuh jalur digital dengan cara membuat aplikasi TemanJalan.

Ya, aplikasi ini sederhananya adalah platform berbagi tumpangan yang dibangun untuk mengurangi jumlah kendaraan di wilayah Jabodetabek. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menjadi solusi kejenuhan dalam menghadapi kemacetan lalu lintas.

Melalui aplikasi TemanJalan, pengguna dapat berperan sebagai penumpang maupun pengendara dengan memasukkan rute perjalanan yang diinginkan. Sistem TemanJalan kemudian akan melakukan matchmaking dan memberikan notifikasi kepada pengguna yang memiliki rute searah sehingga mereka bisa pergi ke tempat tujuan bersama.

Sejak peluncuran di bulan April 2016 lalu, TemanJalan mencatat lebih dari 5.600 mahasiswa dari 50 kampus di Jakarta yang mendaftar menggunakan layanannya.

Kini, TemanJalan memperluas segmen pengguna dengan membuka layanannya kepada para pekerja dan komuter Jabodetabek serta menghadirkan aplikasinya untuk dua sistem operasi: Android dan iOS (beta) dan sudah bisa diunduh.

"Selain dapat menjadi ajang networking on-the-go, kami berharap TemanJalan juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas sebagai salah satu solusi untuk mendukung kebijakan plat ganjil-genap yang sudah mulai diuji coba minggu ini di Jakarta," kata CEO TemanJalan, Fauzan Helmi Sudaryanto seperti dikutip dari laman Merdeka, Kamis 4 Agustus 2016.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini. (poy)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section