1. HOME
  2. DIGITAL
SMARTPHONE

Smartphone Anda Terjatuh? Begini Pertolongan Pertamanya

Hampir semua produk smartphone sudah melalui proses uji ketahanan sebelum sampai ke tangan konsumen. Tetapi...

By Adhi 1 Maret 2016 17:13
Ilustrasi (youtube.com)

Money.id - Selain kebasahan terkena air, terjatuh juga menjadi momok yang sangat menakutkan bagi para pemilik smartphone. Terlebih, jajaran smartphone modern yang saat ini ada di pasaran sepenuhnya telah mengusung layar sentuh, hal ini membuat para pengguna semakin was-was karena produk dinilai lebih ringkih.

Namun begitu, faktanya hampir semua produk smartphone terbaru sudah melalui proses uji ketahanan sebelum sampai ke tangan konsumen.

"Kebanyakan smartphone modern telah diuji cukup teliti sebelum mereka dikirim ke pasaran. Beberapa kali terjatuh atau goresan tak akan mampu merusak total smartphone Anda," terang Corey Horob, konsultan teknologi di New York City.

Meski begitu, sebagai sebuah produk elektronik, smartphone bisa dengan mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Pengguna tetap wajib menjaga smartphone agar selalu terlindungi.

Akan tetapi, bila tetap terjadi hal yang tak diprediksi seperti terjatuh, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan smartphone. Berikut beberapa di antaranya seperti yang dikutip dari laman VerizonWireless:

Uji fungsi dasar smartphone

Setelah terjatuh, pengguna wajib memastikan kondisi smartphone secara keseluruhan. Jika smartphone mati, cobalah langsung hidupkan. Kemudian periksa bagian bodi luar, terutama layar. Periksa adakah bagian yang rusak atau mungkin pecah.

Selain itu, pengguna juga harus meneliti bagian-bagian tombol kapasitif. Apakah masih berfungsi normal atau tidak?

Terakhir, pengguna boleh mencoba memainkan layar, lalu coba pula untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan telepon. Jika semuanya berjalan dengan baik, maka dapat dipastikan smartphone Anda masih bisa berfungsi normal.

Kerusakan pada bagian bodi (lecet) atau layar (pecah), dapat diselesaikan dengan menyambangi counter service atau counter resmi merek smartphone yang Anda miliki.

Lindungi layar

Layar smartphone adalah bagian paling krusial. Selain berfungsi sebagai display, layar juga menjadi media navigasi.

Untuk melindunginya, Anda bisa memanfaatkan lapisan pelindung agar layar agar tak mudah tergores atau pecah. Di samping itu, bagian bodinya juga dapat dibalut dengan casing pelindung.

Jika Anda termasuk orang yang aktif, Anda bisa menggunakan tali untuk menggantung smartphone agar lebih aman. (ita)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section