1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

#SheMeansBusiness, Usaha Facebook Dukung Wanita Pengusaha Indonesia

Para wanita pengguna Facebook Page ini dinilai masih kurang menguasai kemampuan untuk mempromosikan Page mereka.

By Nur Chandra Laksana 21 April 2016 15:59
Head of SMB for SEA Facebook Nadia Tan, Head of Economic Growth Initiative APAC Facebook, Clair Deevy, dan Ketua Umum IWAPI Nita Yudi (Money.id/Nur Chandra)

Money.id - Perkembangan bisnis UKM di Indonesia tengah meningkat dengan drastis. Di era emansipasi seperti sekarang ini, penetrasi usaha milik wanita pun turut berkembang dengan pesat.

Menariknya, kebanyakan dari wanita yang memiliki bisnis tersebut mengandalkan media sosial seperti Facebook untuk memasarkan produk.

Melihat hal ini, Facebook menggandeng Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) untuk mengadakan program bertajuk 'She Means Business' dengan tujuan mengedukasi para wanita pebisnis Tanah Air.

"Ada sekitar 50 juta UKM yang memiliki Facebook Page di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, jumlah Facebook Page mengalami penigkatan sekitar tiga kali lipat dari 2014 hingga 2015," tutur Head of Economic Growth Initiative APAC Facebook, Clair Deevy, di acara peluncuran program 'She Means Business' yang bertepatan dengan Hari Kartini, Kamis 21 April 2016, di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jakarta.

Ia melanjutkan, "Dari sekitar 50 juta UKM Page tersebut, 23 persen di antaranya adalah milik wanita. Dan, pertumbuhan Facebook Page milik wanita pengusaha bertumbuh sekitar 8 persen per tahunnya."

Namun sayang, para wanita pengguna Facebook Page ini dinilai masih kurang menguasai kemampuan untuk mempromosikan Page mereka.

Oleh karena itu, lewat program 'She Means Business', Facebook menyediakan wadah pelatihan, sarana untuk bersosialisasi, serta kampanye untuk mengakui, merayakan, serta menginspirasi para wanita.

"Dalam pelatihan ini, Facebok menyediakan pengasahan soft skill dan hard skill. Kedua skill ini sangat dibutuhkan oleh para wanita pengusaha di Indonesia. Makanya kami setuju untuk bekerja sama dengan Facebook," kata Ketua Umum IWAPI, Nita Yudi.

Sementara itu, menurut Head of SMB for SEA Facebook, Nadia Tan, selain untuk memajukan perekonomian, program ini juga sejalan dengan target utama Facebook, yakni mengkoneksi semua orang di seluruh dunia.

Oleh karena itu, Facebook dan IWAPI mengajak sleuruh wanita pengusahaa di Indonesia, baik yang sudah memiliki Facebook Page dan yang belum memiliki, untuk mengikuti program ini dengan memakai tanda pagar #SheMeansBusiness. (dhi)

Baca juga:

(a/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section