1. HOME
  2. DIGITAL

Segera Dirilis, Ini 5 Keunggulan Android 6.0 Marshmallow

Android Marshmallow dihadirkan Google dengan berbagai peningkatan, baik dari segi performa maupun fitur.

By Syahid 5 Oktober 2015 16:00
Android 6.0 Marshmallow (gadgetunlocker.com)

Money.id - Pada 29 September 2015, Google secara resmi mengumumkan update sistem operasi Android 6.0 Marshmallow sebagai generasi penerus dari Android 5.0 Lollipop.

Untuk gelombang awal, Google mengungkapkan bahwa Android Marshmallow yang rencananya bakal dirilis pada tanggal 5 Oktober waktu Amerika Serikat, hanya akan tersedia untuk sejumlah perangkat terbatas. Beberapa di antaranya adalah smartphone Nexus 5, Nexus 6, tablet Nexus 9, dan Nexus Player.

Android Marshmallow dihadirkan Google dengan berbagai peningkatan, baik dari segi performa maupun fitur.

Berikut adalah 5 keunggulan Android Marsmallow seperti yang dikutip dari laman 9to5google:

1. Google Now On Tap

Seperti yang telah diketahui, Google Now merupakan fitur yang berfungsi layaknya "asisten digital pribadi" bagi penggunanya. Di Google Now On Tap, kemampuan yang tersedia pada Google Now kini diintegrasikan dengan informasi dari aplikasi pihak ketiga.

Sebagai contoh, jika ada teman Anda yang mengajak bertemu di sebuah restoran. Maka, hanya dengan menekan dan menahan tombol home, fitur Google Now On Tap dapat memberikan banyak informasi terkait restoran yang dituju. Mulai dari rute menuju lokasi, rate harga, dan lain sebagainya.

2. Hemat daya baterai

Android Marshmallow menjanjikan perbaikan besar pada daya tahan baterai perangkat Android yang memang dikenal sangat "haus" daya. Fitur Doze mampu menentukan kapan daya baterai digunakan secara maksimal atau tidak.

Ketika smartphone Anda sedang tidak digunakan, maka fitur Doze secara otomatis akan menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang guna menghemat daya baterai.

3. Pengaturan RAM manual

Di Android Marshmallow, secara manual Anda dapat mengatur jumlah RAM yang tersedia untuk smartphone atau tablet. Caranya, pilih Settings, lalu ketuk Apps, pilh Advanced dan kemudian Memory.

Setelah itu, Anda akan langsung melihat memory management tools baru untuk 'memaksa' penghentian aplikasi yang tak diinginkan. Dengan demikian, Anda juga memperoleh lebih banyak kapasitas memori.

4. Uninstall aplikasi langsung dari launcher

Dengan Android Marshmallow, Anda dapat menghapus aplikasi langsung dari layar utama launcher Google Now dengan men-drag mereka ke atas/kanan layar. Cara ini sangat sederhana dan mudah.

5. Pengaturan volume terpisah

Tentunya sangat menjengkelkan ketika mengatur volume smartphone dengan level tinggi, Anda akan mendengar panggilan telepon dengan suara tinggi pula sehingga membuat telinga terasa pengang.

Dengan Android Marshmallow, Anda bisa mengatur volume untuk situasi yang berbeda secara mandiri. Cukup tekan tanda panah ke atas ketika kontrol volume muncul di layar untuk melihat slider tambahan. (AM/ita)

(s)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section