1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Pemerintah China Mulai Uji Coba Transportasi Anti Macet

Solusi angkutan umum yang sangat unik ini bernama 'straddling buses'.

By Nur Chandra Laksana 3 Agustus 2016 15:20
Konsep Transportasi China, 'straddling buses' (ubergizmo.com)

Money.id - Masalah kemacetan memang sering kali menimpa negara yang memiliki jumlah penduduk banyak, salah satunya adalah China. Oleh karena itu, pemerintah China membuat sebuah konsep yang merupakan solusi angkutan umum unik bernama 'straddling buses'.

Pemerintah China sedang serius membahas bus konsep ini. Dilansir dari laman Ubergizmo, bahkan pemerintah China sedang melakukan tes awal terhadap konsep tersebut.

Tes ini memang tidak dilakukan langsung di jalan umum. Namun mereka membuat sebuah jalanan khusus yang dikontrol secara simultan dengan panjang 300 meter.

Namun hingga saat ini masih belum jelas bagaimana sistem implementasi dari bus ini. Apakah akan menggunakan ban bus reguler atau harus membuat jalur khusus untuk mengakomodasi bus ini, sebab bentuk bus sangat unik. Bus ini akan memiliki ruang khusus di bagian bawah yang berbentuk terowongan untuk kendaraan lain melewatinya.

Untuk saat ini, yang bisa kita lakukan adalah menunggu bus tersebut dinyatakan layak jalan. Solusi ini juga bisa diterapkan di Ibu Kota Jakarta. (poy)

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section