1. HOME
  2. DIGITAL
PATH

Path: Sistem Kami Tidak Diretas

Path Indonesia sulit diakses karena pemeliharaan sistem.

By Nur Chandra Laksana 4 Maret 2016 15:52
Situs Path Mengalami Pemeliharaan Sistem (path.com)

Money.id - Tidak bisa diaksesnya Path membuat pengguna kelimpungan. Pihak Path sendiri sebelumnya telah menjanjikan proses maintanance akan selesai dalam 12 jam.

Namun faktanya, hingga kini para pengguna masih belum bisa mengakses Path. Saat dikonfirmasi mengenai perihal ini, Debora Noviyanthi dari Conh & Wolf selaku Public Realiton (PR) Agency untuk Path di Indonesia menyatakan bahwa kliennya segera merilis keterangan resmi.

Ia pun menegaskan bahwa kejadian ini terjadi hanya karena masalah pemeliharaan sistem. "Berita mengenai Path telah diretas adalah bohong belaka. Kejadian ini murni karena pemeliharaan sistem," sebut wanita yang akrab disapa Deby saat dihubungi Money.id, Jumat 4 Maret 2016.

Selain itu, Deby juga mengatakan, Path meminta waktu lebih untuk menyelesaikan pemeliharaan itu.

"Path meminta waktu tambahan untuk merampungkan pemeliharaan sistem mereka, seperti yang sudah diinformasikan dari pihak Path Indonesia langsung kepada saya," tambah Debby.

Menurut pantauan tim Money.id, akun Twitter reesmi @PathService juga sudah meminta waktu kurang lebih 10 jam tambahan untuk merampungkan pemeliharaan sistem Path.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bohong alias hoax, yang menyebutkan bahwa pusat server Path di Virginia, Amerika Serikat telah diretas. 

Pesan berantai (broadcast) yang beradar via aplikasi chatting BBM dan WhatsApp itu berbunyi:

Departemen cyber crime FBI (Federal Beareau of Investigation) baru saja melaporkan bahwa telah terjadi serangan hacker pada server pusat Path di Virginia. Analis cyber dari FBI memperkirakan bahwa telah terjadi pencurian data dan gambar dari para pemilik akun Path.

Pihak Path Inc. belum bisa dikonfirmasi untuk hal tersebut, tapi mengingat maintenance aplikasi yang dilakukan beberapa jam yang lalu, bisa jadi analisa yang dilakukan oleh pihak Departemen Cyber FBI adalah benar.

Saat ini jutaan pengguna aplikasi Path mengalami gangguan penggunaan aplikasi tersebut di handled Android dan iPhone. Diperkirakan Path Inc. Sedang melakukan maintenance update security server dan backup data.

Dikutip dari halaman cooltech.com disarankan untuk para pengguna aplikasi Path untuk melakukan log out dan reset password. Hal tersebut untuk menghindari pencurian baik data pribadi maupun foto yang sudah diunggah di aplikasi Path. (dhi/ita)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section