1. HOME
  2. DIGITAL
GOOGLE

Palestina Hilang dari Google Maps, Netizen Geram

Tindakan menghapus Palestina dari peta merupakan sebuah perbuatan memalsukan sejarah.

By Adhi 9 Agustus 2016 09:20
Palestina digantikan Israel di Google Maps (Yournewswire.com)

Money.id - Secara tiba-tiba, banyak orang yang meluncurkan kritikan pada Google. Awalnya, banyak yang tak mengetahui apa penyebabnya. Namun kini, jelas sudah.

Dilansir laman Daily Mail, amukan netizen terhadap Google bukan tanpa alasan. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu kabarnya menghapus Palestina dari Google Maps dan menggantinya dengan Israel. Sontak hal ini memicu kemarahan banyak orang.

Lewat sebuah petisi online di Change.org, Zak Martin meminta Google untuk kembali memasukkan Palestina ke Google Maps.

Menurut Martin, penghapusan Palestina adalah penghinaan pedih bagi rakyat Palestina dan merusak usaha jutaan orang yang mendukung kemerdekaan Palestina dari pendudukan Israel.

Lebih lanjut, Martin menganggap hal ini adalah masalah serius karena saat ini Google Maps dianggap sebagai alat utama bagi mayoritas orang di dunia, termasuk jurnalis, pelajar, dan siapa saja yang melakukan pencarian soal Palestina.

"Entah disengaja atau tidak, Google membuat jelas posisinya yang ada di pihak pemerintah Israel," tulis Martin di petisinya.

Saat ini petisi tersebut sudah ditandatangani oleh 129 ribu lebih netizen. Sementara dibutuhkan 150.000 dukungan untuk mengesahkan petisi ini.

Sebelumnya, Forum Wartawan Palestina, Middle East Monitor, mengatakan bila tindakan menghapus Palestina dari peta merupakan sebuah perbuatan lancang dan dianggap ingin memalsukan sejarah.

"Langkah ini juga dirancang untuk memalsukan sejarah, geografi serta hak rakyat Palestina ke tanah air mereka, dan ini salah satu upaya untuk mengutak-atik memori Palestina dan Arab dari dunia," tulis Middle East Monitor di pernyataan resmi mereka.

Hingga kini, Google belum memberikan keterangan perihal masalah ini.

Baca Juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section