1. HOME
  2. DIGITAL
WINDOWS 10

Pakai Windows Jadul, Bandara Paris Lumpuh Total

Operator bandara masih menggunakan sistem operasi Windows 3.1 yang dirilis Microsoft 1992 silam.

By Adhi 17 November 2015 19:00
Bandara Orly, Paris (adp-i.com)

Money.id - Di saat Microsoft berusaha keras "memaksa" para penggunanya untuk segera beralih ke sistem operasi terbaru Windows 10, ternyata masih banyak pihak yang mengandalkan Windows versi zaman dulu, alias jadul.

Parahnya, ternyata Windows versi lawas tidak saja digunakan oleh pengguna individu, melainkan oleh instansi besar. Salah satunya adalah pihak operator salah satu bandara di Paris, Prancis.

Dilaporkan laman Vice, Selasa 17 November 2015, operator bandara Orly, yang terletak di selatan Paris sempat lumpuh total karena hampir sebagian besar sistem komputasinya eror. Usut punya usut, ternyata pihak operator bandara masih menggunakan sistem operasi Windows 3.1 yang dirilis Microsoft 1992 silam.

Pihak operator bandara Orly menjelaskan, sistem operasi Windows 3.1 memang masih mereka gunakan untuk keperluan informasi cuaca mereka, atau DECOR. Dan yang menjadi masalah, sistem informasi cuaca mereka mengalami kegagalan teknis dan data-data penting yang seharusnya dikirim dari menara pengawas (ATC) tidak bisa diterima oleh pilot pesawat yang hendak mendarat di bandar Orly.

"Software yang dipakai oleh ATC berjalan di empat sistem operasi berbeda, umurnya bervariasi antara 10 hingga 20 tahunan," ujar Alexandre Fiacre selaku salah satu sekertaris di instansi pengawasan ATC Prancis.

Fiacre menambahkan, selain Windows 3.1, ATC di sejumlah bandara juga masih menggunakan software Windows XP, yang mana sebetulnya saat ini masa pemasarannya telah dihentikan oleh Microsoft.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section