1. HOME
  2. DIGITAL
HARI KARTINI

Menkominfo: Teknologi Wujudkan 'Habis Gelap, Terbitlah Terang'

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengurangi kesenjangan gender dalam lapangan pekerjaan.

By Adhi 21 April 2016 15:33
Menkominfo Rudiantara Peringati Hari Kartini 2016 (kominfo.id)

Money.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan peranti yang akan sangat bermanfaat bagi kaum perempuan. Hal ini disampaikannya melalui akun Twitter pribadi @rudiantara_id.

"TIK memberi ruang bagi 'terbitnya terang' yang dirindukan oleh Kartini," kicau akun @rudiantara_id, Kamis 21 April 2016.

Mengutip laporan World Bank 2016, menurut Rudiantara, norma sosial, waktu, dan keterbatasan mobilitas yang dulu menjadi penghambat, kini relatif bisa diatasi dengan keberadaan TIK. "Manfaat terbesar adalah bahwa TIK membuka pintu-pintu akses perempuan seluas-luasnya kepada sumber-sumber ekonomi dan sosial," lanjutnya.

Menteri yang akrab disapa 'Chief RA' itu juga menyatakan sesuai Laporan Digital Dividends tersebut, diungkapkan bahwa TIK telah mengurangi kesenjangan gender dalam lapangan pekerjaan.

"Berkat fleksibiltas waktu, akses, serta kehadiran kesempatan-kesempatan baru berbentuk pekerjaan online, e-commerce, dan sharing economy," tambahnya.

Ia pun memaparkan saat ini suara dan aspirasi perempuan juga tercatat meningkat pesat, antara lain melalui media sosial. Era digital yang memberdayakan perempuan diharapkan oleh Rudiantara menjadi jalan untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa, baik material maupun spiritual.

"Bung Karno sering mengutip pernyataan Gandhi tentang kaum perempuan: Banyak perjuangan kita yang kandas di tengah jalan karena kondisi kaum perempuan," tulis Rudiantara.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section