1. HOME
  2. DIGITAL
APLIKASI SMARTPHONE

Menkominfo: Masalah Pertanian Beres dengan Teknologi

Pemerintah baru saja merilis lima aplikasi petani untuk menyelesaikan berbagai problematika pertanian.

By Adhi 15 April 2016 13:05
Menkominfo Rudiantara (merdeka.com)

Money.id - Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, pemerintah baru saja secara resmi meluncurkan 5 aplikasi petani. Aplikasi-aplikasi tersebut diyakini dapat memberikan peningkatan dalam hal produktivitas petani.

"Ada lima aplikasi yang diperkenalkan, yakni aplikasi Petani, TaniHub, Lima kilo dan Pantau harga. Selain itu, satu ekosistem UMKM online Indonesia bernama Nurnaya Initiative juga diperkenalkan," ucap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Rudiantara menjelaskan, sejauh ini sudah ada sekitar 116 ribu petani yang aktif menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia. Untuk sementara, pilot project aplikasi petani ini sedang difokuskan terlebih dahulu ke daerah Brebes, Jawa Tengah.

Selain para petaninya, ada juga ahli yang turut menjawab pertanyaan dari para petani. Ahli ini yang memberikan jawaban-jawaban ada 6.000 orang. Ahli ini, kurang lebih seperti penyuluh petani secara virtual," ujar pria yang akrab disapa Chief RA itu seperti dikutip dari laman Techno.id, Jumat 15 April 2016.

Berdasarkan data dari BPS tahun 2003 dan 2013, Indonesia telah kehilangan 5 juta petani dalam kurun waktu 10 tahun. Fakta tersebut sangat miris, manakala negeri ini justru sangat membutuhkan banyak para petani.

Oleh sebab itu, untuk menyiasati hal itu, pemerintah menyatakan telah mempersiapkan beberapa program, terutama program berbasis teknologi selular aplikasi. (poy)

Baca juga:

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section