1. HOME
    2. DIGITAL
BISNIS ONLINE

'Perang' Indomaret Vs Alfamart Kini Bergeser di Ranah Digital

Terhitung sejak 2015 kemarin, baik Indomaret maupun Alfamart meluncurkan platform toko online (e-commerce).

By Adhi 12 Februari 2016 16:54
(Wikipedia)

Money.id - Bila bicara soal bisnis ritel di tanah air, pastinya tak bisa lepas dari dua "raksasa" yaitu Alfamart milik PT Sumber Alfaria Trijaya, dan rival abadinya Indomaret dikelola oleh PT Indomarco Prismatama.

Di ranah offline, kedigdayaan keduanya tak perlu diragukan lagi. Hingga awal 2015, Indomaret tercatat telah memiliki 10.600 gerai. Dimana 60 persen gerai adalah milik perusahaan dan sisanya merupakan waralaba milik masyarakat yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan, hingga Sulawesi.

Sementara Alfamart, mereka tercatat memiliki 10.666 jaringan minimarket yang terdiri dari milik sendiri sebanyak 7.596 gerai dan minimarket kerjasama waralaba sebanyak 3.070 gerai.

Di era digital seperti sekarang ini, keduanya pun memutuskan untuk merambah ranah online. Terhitung sejak 2015 kemarin, baik Indomaret maupun Alfamart meluncurkan platform toko online (e-commerce) mereka, yakni Klikindomaret.com dan Alfaonline.com.

Kehadiran toko online milik dua raja ritel tanah air ini tentunya bertujuan untuk memudahkan konsumen. Dengan toko online, konsumen dapat berbelanja kapanpun tanpa perlu mendatangi toko offline.

Lalu, platform toko online manakah yang lebih baik? Berikut ulasannya.

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section