1. HOME
    2. DIGITAL
GOOGLE

Layanan Serba Gratis, Dari Mana Sebenarnya Google Dapat Untung?

Sebenarnya, bagaimana Google bisa mendapatkan pundi-pundi kekayaan yang begitu melimpah?

By Adhi 16 Mei 2016 16:42
Kantor pusat Google di Mountain View, California (androidheadlines.com)

Money.id - Menurut laporan Forbes, dalam tiga bulan (Q1) pertama 2016 saja, Google berhasil mengemas pendapatan sekitar Rp268 triliun. Sementara keuntungan bersih mereka mencapai Rp55 triliun.

Angka itu belum seberapa. Sepanjang tahun 2015 lalu, perusahaan rakasasa internet itu bahkan tercatat sukses mencatatkan keuntungan bersih mencapai US$74,5 miliar atau lebih dari Rp992 triliun.

Nah, yang menjadi pertanyaan, sebenarnya bagaimana Google bisa mendapatkan pundi-pundi kekayaan sebanyak itu?

Pastinya, pertanyaan di atas banyak melintas di kepala kita. Pasalnya, tak dapat dipungkiri jika berbagai layanan google, mulai dari mesin pencari Google Search, Gmail, Google Maps, hingga smartphone Android sudah tak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Perlu informasi? Tinggal ketik keyword (kata kunci) di Google Search, dan dalam sekejap seabrek informasi terkait akan muncul. Tidak tahu jalan menuju lokasi tertentu? Dengan mudah kita bisa mendapat tuntunan navigasi dari Google Maps.

Tak bisa bahasa Inggris? Kita hanya perlu memanfaatkan aplikasi Google Translate, dan semua beres.

Menariknya, semua itu bisa dinimati secara cuma-cuma, alias gratis!

Lagi-lagi, pertanyaannya adalah; dari mana Google dapat untung jika hampir seluruh layannnya bisa dinikmati secara gratis?

SELANJUTNYA >>

Baca juga:

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section