1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Lakukan Hal Ini Jika Ponsel Anda Terendam Air!

Jangan pernah menggunakan hair dryer atau microwave untuk mengeringkan ponsel anda yang basah

By Nur Chandra Laksana 9 Januari 2016 15:45
Ilustrasi ponsel tenggelam (sumber : versus.com)

Money.id - Menjaga ponsel anda tetap aman memang bukanlah hal yang mudah. Bisa saja kita melindunginya dengan membelikan pelindung ponsel untuk meredam kejutan saat ponsel kita terjatuh atau membelikan pelindung layar agar layar ponsel kita tidak cepat tergores.

Namun bagaimana jika ponsel anda basah atau bahkan mungkin terendam air tawar?

Bagi anda yang mengalami hal ini, janganlah panik. Dilansir dari laman CNN, hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah segera mematikan ponsel anda. Jangan biarkan air sampai duluan ke sirkuit elektronik saat dalam keadaan menyala.

Jika air sudah mencapai sirkuit elektronik sebelum anda mematikan ponsel anda, maka tingkat kerusakanannya bisa menjadi lebih tinggi.

Setelah itu, lepaskan penutup belakang ponsel anda dilanjutkan dengan membuka baterai (jika baterai anda bisa dilepas), melepas Kartu SIM, dan jangan lupa melepas memori eksternal. Setelah itu, keringkan bagian dalam, layar dan penutup belakang menggunakan kain lembut atau tisu makan, jangan menggunakan tisu biasa atau kapas.

Setelah itu, ambil sebuah plastik kedap udara dan silikon yang biasanya bisa anda dapatkan jika membeli sepatu baru atau barang-barang lainnya. Jika tidak ada silikon di dekat anda, anda bisa menggunakan beras untuk menggantikan silikon tersebut.

Lalu masukkan ponsel, baterai, silikon atau beras ke dalam plastik kedap udara. Setelah itu tunggu sekitar 72 jam jika anda menggunakan silikon dan sekitar 120 jam jika anda menggunakan beras.

Jangan pernah menggunakan hair dryer untuk mengeringkan ponsel anda yang basah, apa lagi sampai menggunakan microwave. Hal ini akan membuat kerusakan di plastik atau perangkat yang sensitif terhadap panas pada ponsel kesayangan anda.

Setelah proses pengeringan selesai, anda tinggal memasukkan kembali baterai, kartu SIM, dan kartu memori anda kembali ke ponsel anda disertai penutup belakang ponsel. Setelah itu, anda hanya bisa berharap ponsel anda bisa menyala kembali.

Namun anda harus tahu, hampir semua produsen ponsel pintar tidak akan menerima klaim jika ponsel anda rusak karena air. Untuk menanggulangi hal ini terjadi, maka anda disarankan untuk meletakkan ponsel anda di tempat yang aman. Dan jika bepergian dengan motor atau sepeda, usahakan ponsel anda diletakkan di dalam tas atau kantung penyimpanan apapun yang kedap air.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section