1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Kembali Gelar Mi Fan Festival, Xiaomi Berhasil Raup Rp3,8 Triliun

Festival ini diadakan untuk merayakan ulang tahun Xiaomi yang jatuh pada 6 April setiap tahunnya.

By Nur Chandra Laksana 11 April 2016 13:01
Hugo Barra (androidheadlines.com)

Money.id - Ulang tahun perusahaan ponsel pintar asal China, yakni Xiaomi memang selalu dirayakan dengan mengadakan Mi Fan Festival. Jatuh pada tanggal 6 April, pagelaran Mi Fan Festival kelima ini sekaligus mengantarkan Xiaomi berumur 6 tahun.

Dengan harga sangat murah diikuti performa dan ketahanan yang tinggi membuat Xiaomi begitu populer di China dan juga India. Ditambah lagi, dari kedua negara tersebut kini sudah memiliki sekitar jutaan penggemar, seperti dilansir dari laman Gizmo China, Senin, 11 April 2016.

Untuk ulang tahun pada 2016 ini, Xiaomi mencatatkan rekor penjualan terbaik mereka di festival ini. Tercatat, keuntungan Xiaomi tahun ini sekitar US$289 juta atau sekitar Rp3,8 triliun, naik dari tahun lalu yang hanya mampu meraup keuntungan sebesar US$193,3 juta atau sekitar Rp2,53 triliun.

Keuntungan ini kebanyakan didapatkan dari penjualan ponsel pintar mereka. Di India, Xiaomi mencatatkan penjualan leih dari 100 ribu unit ponsel pintar dan aksesorinya. Untuk produk yang paling laku di India adalah Mi 5 dan Redmi 3.

Sedangkan di China, produk Xiaomi yang laku terjual di antaranya Mi 5 Pro, Redmi 3 Pro, dan beberapa ponsel lainya. Produk lainnya seperti Induction Cooker, Mi Water Purifier, dan  Mi TV 3S juga tercatat mengalami penjualan yang sangat baik.

Dalam beberapa tahun ke belakang Xiaomi gencar menginvestasikan uang mereka di beberapa perusahaan lain dan beberapa startup. Dari sinilah produk-produk inovatif milik Xiaomi lahir yang kini memiliki ekosistem sendiri yang diberi nama Mija. (poy)

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section