1. HOME
  2. DIGITAL
PASSWORD

Jualan Password, Gadis Cilik Ini Hasilkan Rp160 Ribu per Jam

Mira sukses mengais rejeki berkat kegemarannya mengutak-atik password.

By Adhi 29 Oktober 2015 14:00
Mira Modi (cloudfront.net)

Money.id - Seorang gadis yang baru berusia 11 tahun dikabarkan mampu meraup untung besar berkat kemampuannya meracik password (kata kunci) dengan tingkat keamanan tinggi. Gadis asal New York, Amerika Serikat (AS) itu bernama Mira Modi.

Ya, Mira sukses mengais rejeki berkat kegemarannya mengutak-atik password. Menurut yang dilaporkan laman The Telegraph, Kamis 29 Oktober 2015, Mira menjual password anti retas buatannya itu seharga US$2 atau setara dengan Rp27 ribu lewat situs dicewarepasswords.com.

Dalam satu jam, rata-rata 6 buah password buatan Mira laku di dunia maya. Ini artinya, Mira mampu meraup keuntungan sebesar US$12 atau sekitar Rp162 ribu per jam.

Tentunya itu bukan hasil yang sedikit. Bila dihitung per hari (24 jam), rata-rata Mira bisa menghasilkan omzet sebesar US$288 atau Rp3,8 juta per hari.

Bisnis menguntungkan Mira ini diawali dari sekedar hobi. Ia mengaku sangat senang bermain-main dengan metode "diceware." Dalam proses pembuatan sebuah password berkeamanan tinggi, pertama-tama Mira akan membuat sebuah passphrase (sebutan password panjang, yang biasanya terdiri dari 20-40 karakter). Tiap huruf yang terdapat dalam passphrase tersebut ditentukan menggunakan metode diceware.

Diceware sendiri adalah mekanisme pembuatan kode acak yang memanfaatkan medium enam sisi dadu yang dilempar, dan menghasilkan lima angka acak. Kelima angka ini akan dicocokkan ke dalam sebuah daftar berisi lebih dari 7.000 kata pendek di dalam bahasa Inggris dan membentuk sebuah password.

"Password ini sangat sulit untuk dibobol. Saya ingin membantu banyak orang menciptakan password super aman. Meski teman-teman seumuran saya masih belum mengerti, menurut saya ini hal yang menarik dan keren," ujar Mira.

Mira memulai bisnisnya ini setelah Julia Angwin, sang ibunda, yang merupakan jurnalis ProPublica, meminta bantuannya untuk menciptakan sebuah password yang aman. Setelah berhasil, barulah Mira terinspirasi untuk membuat sebuah bisnis kecil yang memperdagangkan password super aman.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section