1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

Jogging dan Bertemu Kepala Propaganda China, Bos Facebook Dihujat

Zuck mengunggah foto dirinya sedang berlari pagi (jogging) di depan Lapangan Tiananmen.

By Adhi 21 Maret 2016 16:13
CEO Facebook, Mark Zuckerberg (Facebook.com)

Money.id - Sosok founder sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, biasanya menjadi idola di dunia maya. Sepak terjang karirnya jarang menerima kritikan, sisi positif Zuck --sapaan akrab Zuckerberg-- lebih terlihat dibanding sisi negatifnya.

Namun begitu, baru-baru ini Zuck justru menuai hujatan dari netizen. Hal ini dipicu oleh Zuck sendiri yang mengunggah foto dirinya sedang berlari pagi (jogging) bersama sejumlah teman di China, tepatnya di depan Lapangan Tiananmen.

Ada dua hal yang menjadi sasaran kiritik pedas netizen. Pertama, dalam foto tersebut Zuck nampak tidak menggunakan masker. Kondisi udara di China sendiri saat ini sangat buruk karena kabut asap yang berisiko bagi kesehatan.

Seperti dilansir Business Insider, Senin 21 Maret 2016, polusi udara di China sudah mencapai tingkat 35 kali lipat lebih tinggi dari batas aman yang dipatok Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Desember 2015.

"Melupakan sesuatu? #Markzuckerberg, kabut bisa membunuh ratusan orang setiap harinya. Gunakan masker!" ungkap akun resmi @GreenpeaceEAsia di linimasa Twitter.

Yang kedua, netizen mengkritisi bagaimana Zuck bisa melakukan posting ke Facebook, padahal, media sosial besutannya itu diblokir di China.

"Kok bisa Anda menggunakan FB (Facebook) di China? Pemerintah di sana melarang penggunaann Facebook," tulis salah seorang pengguna Facebook di kolom komentar akun pribadi Zuck.

Bertemu dengan kepala propaganda China

Mark Zuckerberg bertemu Kepala Propaganda China, Liu Yunshan (geekwire.com)

Yang membuat Zuck makin menjadi sorotan netizen adalah pertemuannya dengan Kepala Propaganda Pemerintah China, Liu Yunshan.

Dikutip dari laman The Guardian, Zuck bertemu Liu untuk membicarakan kebijakan penggunaan internet di Negeri Tirai Bambu. Liu berharap agar Facebook dapat berbagi pengalamannya dalam pengembangan bisnis internet.

Namun begitu, pertemuan keduanya sama sekali tidak membahas pemblokiran media sosial barat di China. Ini artinya, Facebook, Twitter, dan lain-lain masih terlarang di China.

Padahal, China merupakan pasar pengguna internet terbesar di dunia dengan 668 juta pengguna aktif. 

Baca juga:

Mengintip Isi Lemari Pemilik Facebook, Ternyata Bajunya...
Bos Facebook Pamer Kelucuan Anaknya Saat Berenang!
Surati Donald Trump di Facebook, Muslimah Cantik Ini Bikin Heboh

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section